Jumat 30 Sep 2016 07:36 WIB

Inovasi Cupcakes dari Bahan Oncom

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Cupcakes dari bahan oncom
Foto: MGROL77
Cupcakes dari bahan oncom

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Oncom yang biasanya dijadikan lauk atau isian lontong. Namun siapa sangka di tangan siswa siswa SMK, sebuah inovasi kuliner dari bahan oncom bisa tercipta. Ya, oncom telah berhasil mereka sulap menjadi kue yang lezat.

Dewi Nisa Andini dan Harits Ilma Alfiani, siswi SMK ICB Cinta Wisata Bandung pada lomba Cipta Kreasi Resep di Bandung, Rabu (28/9) lalu membuat dan mempresentasikannya di hadapan juri. Pada acara yang berlangsung di SMK 9 Bandung itu, mereka membuat inovasi cupcakes oncom dengan beberapa variant rasa. Ada pedas manis, manis, orginal dan pedas.

Rasa pedas dihasilkan dari penambahan cabai rawit dan chili powder. "Jadi cupcakes sama pedasnya nyampur juga. Enggak ada yang mendominasi. Rasanya manis tapi juga pedes karena kita pakai cabai rawit domba. Kita juga ada level-levelnya, mulai dari tiga ke atas," ujar Dewi di Bandung.

Karena pembuatan cupcakes terbuat dari oncom, maka kreasi Dewi dan Harits ini membutuhkan 120 gram oncom. sebelum oncom diolah, Dewi mengaku, oncom terlebih dahulu di oven untuk mengurangi kadar air agar mudah dimasak.

 

    

Bagaimamna dengan rasanya? Karena divariasikan dengan bahan yang tak umum untuk dibikin kue, cupcakes oncom menghadirkan rasa yang unik. Cupcakes tidak hanya manis. Rasa pedas pada kue menjadi salah satu point yang berbeda.  Karena manis dan pedas bisa berbaur saat gigitan pertama namun semuanya tidak ada yang dominan. Pas manisnya, pas juga pedasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement