Kamis 29 Sep 2016 09:49 WIB

Tutup Pena Sebabkan 100 Kematian per Tahun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Tutup pulpen atau pena
Foto: Brilio
Tutup pulpen atau pena

REPUBLIKA.CO.ID, Tutup pena menyebabkan 100 peristiwa kematian per tahun di Irlandia. Bagaimana bisa? Ini padahal salah satu alat tulis paling sederhana yang umum ditemukan di kantor dan toko alat tulis kantor (ATK). Siapa sangka jika tutup pena bisa sangat berbahaya bahkan mematikan.

Dilansir dari Unrealfacts, Kamis (22/9), seseorang mudah dan suka sekali menggigit tutup pena saat menggunakan alat tulis satu ini. Anda mungkin cukup sering menyaksikannya di tempat kerja di mana orang sering menggigit atau mengunyah ujung tutup pena saat sedang menulis atau berpikir.

Hal tersebut dalam banyak kasus secara tak sengaja berpotensi membuat seseorang tersedak. Meski tutup pena itu kecil, benda ini memiliki bagian tajam dan kasar yang bisa membengkok di tenggorokan.

Ketika tanpa sengaja tertelan, maka tutup pena bisa terperangkap di dalam saluran kerongkongan. Orang yang menelannya harus mendapatkan pertolongan segera, atau dia bisa meninggal.

Tutup pena yang ujungnya memiliki lubang, jika tertelan, masih ada waktu untuk memberikan yang bersangkutan bantuan. Itu karena lubang di ujung tutup pena masih memungkinkan oksigen lewat, sehingga yang menelannya bisa bernapas. Kejadiannya baru berbahaya jika tak ada lubang di ujung tutup pena tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement