Sabtu 24 Sep 2016 07:30 WIB

Anak Ulang-Ulang Kesalahan? Mungkin Dia 'Caper'

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Ibu yang sedang memarahi anak laki lakinya (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Ibu yang sedang memarahi anak laki lakinya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak membuat kesalahan bukan sesuatu yang aneh lagi. Tapi bagaimana jika kesalahan itu diulang-ulangi? Sering kali orang tua jengkel dan marah. Eits, tunggu dulu.

Anak yang mengulang kesalahan bisa saja dia memang sengaja melakukannya. Bukan karena anak tidak paham, hanya saja sering kali mereka mencari perhatian orang tua.

"Kalau anak mengulang kesalahan bisa jadi anak yang seperti ini ingin mendapatkan perhatian saja, biasanya dia merasa sedang tidak dipahami," kata psikolog anak Roslina Verauli.

 

Vera menjelaskan, jika sikap anak yang mengulang-ulang kesalahan termasuk pasif agresif. Kegiatan agresif biasanya aktif, seperti marah-marah atau memukul.

Sedangkan pasif agresif ini lebih pada kegiatan mengulang kesalahan untuk menarik perhatian. Orang tua harus menyadari untuk cepat tanggap dengan kondisi ini. "Kalau anak sudah melakukan hal tersebut, sudah seharusnya orang tua menanyakan pada anak, ada apa?" ujar Vera.

Orang tua perlu tahu apa yang diinginkan anak ketika sudah seperti itu. Jangan justru malah memarahi sebab itu cara mereka menarik perhatian agar lebih dilihat dan dimengerti.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement