Kamis 22 Sep 2016 14:20 WIB

Trik Mudah Gapai Kebebasan Finansial

Tentukan target kekayaan Anda demi memudahkan jalan menuju kebebasan finansial.
Foto: flickr
Tentukan target kekayaan Anda demi memudahkan jalan menuju kebebasan finansial.

REPUBLIKA.CO.ID, Bebas finansial atau istilahnya financial freedom memang sangat diinginkan oleh setiap orang. Dengan bebas secara finansial kita bisa lebih mudah untuk meraih tujuan dan impian yang pernah kita miliki. Terkadang, untuk bisa meraih kebebasan finansial ini dibutuhkan perjuangan dan kerja keras yang pada akhirnya akan berbuah manis, jika dilakukan sesuai dengan ketentuannya. Untuk bebas masalah keuangan, pastinya kita juga harus mandiri dalam keuangan.

Hingga saat ini, berapa banyak orang yang sudah berhasil dan bebas secara finansial? Kenyataannya, memang masih minim. Apa saja cara yang bisa dilakukan agar menjadi bebas finansial dengan cukup mudah?

Ubah Pikiran dan Karakter Untuk Jadi Orang Kaya

Menjadi kaya memang tidak mudah, perlu perjuangan dan kerja keras untuk meraihnya. Namun, jika hanya mengubah pemikiran dan karakter untuk benar-benar jadi orang kaya rasanya lebih baik kan. Jika ingin mengubahnya tentu Anda harus mulai berpikir untuk fokus dalam meraih kekayaan untuk terjaminnya masa depan nanti. Selain itu, karakter Anda yang mungkin tadinya agak boros dan kurang hemat, harus diubah menjadi lebih berkomitmen untuk melakukan investasi dan juga menabung dengan maksimal. Jika sudah terbiasa, bukan tidak mungkin Anda bisa jadi orang kaya.

Targetkan Kekayaan Anda

Setiap orang memang ingin kaya, tapi pemikiran setiap orang tentunya berbeda-beda. Otomatis, target kekayaan mereka juga berbeda-beda. Ambil saja jalan tengahnya, bahwa kaya itu adalah memiliki rumah minimalis yang bersih dan unik, ditambah perabotnya yang juga unik dan lebih lengkap dengan adanya kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Dengan target kekayaan yang jelas seperti itu, Anda bisa memperhitungkan berapa banyak uang yang harus dimiliki untuk jadi kaya dan mampu membeli semua keinginan tersebut. jangan memaksakan untuk melebihi target jika tidak ingin terjatuh lebih dalam.

Jadikan Uang Bekerja Untuk Kita

Kebanyakan orang cerdas akan berpikir bahwa uanglah yang bekerja untuk mereka, bukan mereka yang bekerja untuk uang. Anda akan lebih bahagia dalam meraih kekayaan, jika yang terjadi adalah uang yang bekerja untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih memiliki banyak waktu untuk menikmati kebahagiaan bersama keluarga dan orang tercinta. Akan sangat baik jika dari sekarang, Anda menentukan bisnis investasi yang akan membuat uang yang bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement