Selasa 20 Sep 2016 17:21 WIB

Taman Pintar Yogya akan Gelar Pesta Sains

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Antara
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Taman Pintar Yogyakarta bekerjasama dengan Institut Prancis Indonesia (IFI) akan menggelar pesta sains 2016. Kepala Seksi Humas dan Pemasaran Kantor Pengelola Taman Pintar Yogya Afi Rosdiana mengatakan, pesta sains tersebut akan digelar mulai 24 September hingga 8 Oktober 2016.

"Ini acara tahunan dan tahun ini mengangkat tema makanan sehat. Ini dilakukan untuk  mengajak masyarakat memperbaiki perilaku terhadap makanan," ujarnya, Selasa (20/9).

Pesta sains ini menurutnua berupa pameran yang lebih banyak mengedepankan sains. Khusus pada Sabtu (24/9) dan Ahad (25/9) ada pasar sehat dengan menampilkan 20 stan makanan dari produsen lokal.

Sarah selaku inisiator pasar sehat mengaku, 20 stan makanan yang akan dipamerkan seluruhnya berasal dari produsen lokal. Di antaranya Cokelat Monggo, Kebun Roti, Mazaraat, Jogja Organik, Warung Kita, Jamu Bregas serta olahan makanan karya kelompok perempuan tani binaan Pemda DIY.

"Kita ingin  memberikan wadah antar produsen makanan dari Yogya untuk saling bertemu sekaligus berbagi metode pembuatan hingga penyajian. Dengan mengetahui teknis tersebut, masyarakat sebagai konsumen juga bisa menikmatinya secara lebih baik," ujarnya.

Sementara itu Direktur IFI Cristine Mourman mengatakan, tahun lalu pihaknya mengangkat tema perubahan iklim. Sedangkan kali ini menyangkut makanan, lingkungan dan kesehatan. Pameran makanan sehat akan menampilkan karya dari Pusat Budaya Sains Prancis Cite Nature. Di samping itu juga dipamerkan foto karta Enora Lalet.

"Antara Prancis dengan Indonesia memiliki kesamaan makanan sehat. Hanya, masih perlu edukasi agar terus menjaga makanan tetap sehat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement