Senin 19 Sep 2016 17:00 WIB

'Wisata Pantai Sawarna Bisa Mendunia'

Pantai Sawarna
Foto: Google
Pantai Sawarna

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Destinasi wisata Pantai Sawarna terus dibenahi infrastrukurnya agar bisa lebih menarik wisatawan mancanegara dan makin mendunia. Selain menarik wisatawan, pengembangan tersebut diharap juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.  

"Kami terus mendorong objek wisata Pantai Sawarna bisa mendunia, sehingga dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD)," ujar Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan dan Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Iman Hidayat di Lebak, Senin (19/9).

Pengembangan destinasi wisata Pantai Sawarna itu berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Rippda). Selama ini, kawasan Pantai Sawarna menjadikan ikon wisata di Kabupaten Lebak karena dikunjungi ribuan wisatawan domestik hingga mancanegara. Namun, kebanyakan pengunjung masih wisatawan domestik dari wilayah Banten, DKI Jakarta, Sukabumi, Bogor, dan Bandung.

Pantai Sawarna memiliki keunikan tersendiri dibandingkan objek wisata pantai lainya yang ada di Provinsi Banten. Gelombangnya cukup tinggi sehingga cocok dikembangkan bagi olahraga selancar.

Kelebihan Pantai Sawarna yang berhadapan langsung dengan Perairan Samudera Hindia itu sangat indah, dan suara deburan ombak serta angin kencang maupun keindahan panorama alam dapat dinikmati wisatawan. "Kami optimistis dengan sentuhan pengembangan, Pantai Sawarna bisa menjadikan andalan wisata di Lebak," katanya.

Ia mengatakan, Pantai Sawarna saat ini cukup dikenal dan memikat para wisatawan. Bahkan, sejumlah wisatawan asing bermain selancar di kawaasan itu karena gelombangnya cukup tinggi.

Wisatawan bermain surving di kawasan Pantai Sawarna antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pulo Manuk.

Selain itu juga terdapat objek wisata goa, seperti goa lalay, goa langir dan lainnya. Ia menyebutkan, tahun lalu Pantai Sawarna dikunjungi 10.978 wisatawan domestik dan 150 wisatawan asing. "Kami yakin jika sarana infrastuktur membaik dipastikan setiap pekan Pantai Sawarna dipadati," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement