Senin 19 Sep 2016 09:59 WIB

Giatkan Ultra-Marathon, Cara Samosir Bidik Wisatawan

Para pelari Samosir Lake Toba Ultra Marathon sedang melintasi kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.
Foto: Dok: Puskompulblik Kementerian Pariwisata.
Para pelari Samosir Lake Toba Ultra Marathon sedang melintasi kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMOSIR -- Wisata olahraga saat ini menjadi pilihan cerdas setiap daerah yang ingin memajukan pariwisata. Salah satunya adalah lomba lari marathon mengelilingi beberapa objek wisata suatu daerah.

Seperti yang dilakukan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Samosir Lake Toba Ultra Marathon dipilih guna meningkatkan kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik.

"Kita yakin even olahraga ini mampu menjadi salah satu pilihan bagi pelari pariwisata datang ke suatu daerah. Keyakinan ini semakin menunjukkan titik cerah dengan hadirnya ribuan pelari dari pelbagai negara yang berpartisipasi dalam lari wisata internasional 2016 ini," kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id Ahad (18/9).

Pemerintah Kabupaten Samosir, lanjut dia, sangat berharap peserta lari dapat menjadi saksi untuk melihat keindahan panorama yang disajikan salah satu destinasi paling unik di dunia dengan keaslian alam, budaya, adat istiadat yang dibalut oleh pariwisata. Seperti yang diketahui bahwa Danau Toba merupakan danau alam terbesar di Asia Tenggara.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Ombang Siboro mengatakan kegiatan wisata olahraga yang dilakukan untuk kedua kalinya itu dimaksudkan untuk mengajak para peserta menikmati pesona alam Danau Toba sebagai salah satu kaldera terbesar di dunia. Kesegaran udara alam pedesaan dengan wewangian pepohonan alam dapat menghilangkan lelah peserta saat berlari.

"Kegiatan itu merupakan salah satu promosi wisata paling cepat mendatangkan wisatawan baik asing maupun domestik yang gemar olahraga. Jumlah pesera yang berasal dari 16 negara ini sebagai acuan Samosir melaksanakan agenda olahraga tersebut di tahun berikutnya dengan harapan ada peningkatan. Juga semakin meyakinkan Samosir menjadi destinasi lari wisata bertaraf internasional," kata dia menambahkan.

Samosir Lake Toba Ultra Marathon dibagi 4 kategori yakni 5 K, 10 K, 25 K, dan 50 K. Untuk pelari 50 K memulai start dari Hotel Sitio Tio lebih awal ketimbang kategori lain. Untuk hadiah, panitia menyediakan total seluruh kategori Rp 120 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement