Senin 19 Sep 2016 08:56 WIB

Italia tak Mengenal Mickey Mouse, Mengapa?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Mickey Mouse
Mickey Mouse

REPUBLIKA.CO.ID, Mickey Mouse adalah tokoh kartun Disney yang sangat popular di dunia anak-anak. Tahukah Anda? Mickey Mouse ternyata berdarah Italia.

Nama Mickey Mouse di Indonesia dialih bahasakan menjadi Miki Tikus. Sebagian negara juga menggunakan penamaan yang tak berbeda jauh dengan namanya dalam bahasa Inggris. Hal tersebut ternyata tak berlaku degan negara asalnya, Italia. Mickey Mouse di sini memiliki nama berbeda, yakni Topolino.

Banyak cerita dan karakter kartun dunia diciptakan dan dirancang penulis Italia. Pada 1968, lebih dari 60 persen karakter Disney dirancang di Italia. Jumlahnya meningkat menjadi 75 persen di tahun-tahun berikutnya. Pada 2009, lebih dari 41 ribu halaman buku cerita anak dicetak ulang dan diproduksi di Italia.

Topolino dibuat oleh Mario Gentilini. Dia disebut ahli sejarah besar yang melahirkan Mickey Mouse. Pada 1968 dalam sebuah acara televisi Italia, Canzonissima, Gentilini memperkenalkan dua kartunis muda, Romano Scarpa dan Giovan Battista Carpi yang kini menjadi dua raksasa komik Italia. Dalam waktu 30 detik, keduanya bisa membuat sketsa Mickey Mouse sedang berjabat tangan dengan Donald Duck alias Donal Bebek.

Dilansir dari Italy Magazine, Senin (19/9), tak banyak yang mengetahui bahwa penulis dan ilustrator besar di Italia tak dikenal bertahun-tahun karena tertutup oleh nama besar Walt Disney. Kesuksesan parodi Disney lewat Mickey Mouse sebetulnya dimulai pada 1949. Saat itu diceritakan kisah lucu L'inferno di Topolino  atau Mickey Mouse Hell yang menjadi masterpiece dari Guido Martina dan Angelo Bioletto dari Italia.

Cerita Mickey Mouse pertama itu kemudian menginspirasi munculnya kisah lainnya, seperti Paperodissea (the Odyssey), Paperiade (Iliad), Dracula di Bram Topker (Dracula), Promessi Paperi (the Betrothed), dan Avventure di Top Sawyer (the Adventure of Tom Sawyer).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement