Jumat 16 Sep 2016 13:37 WIB

Ciri Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru

Menjadi pengusaha
Foto: Republika/Prayogi
Menjadi pengusaha

REPUBLIKA.CO.ID, Menjadi sukses dan berhasil dalam pekerjaan yang digeluti, tentu menjadi hal yang sangat diidam-idamkan oleh hampir semua orang di bumi ini. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang selalu berusaha dengan keras di dalam pekerjaan mereka, mencoba berbagai macam hal baru, atau bahkan memiliki banyak mimpi yang kadang terdengar mustahil pada pendengaran orang lain. Sukses tentu tidak bisa diraih dalam satu malam saja, akan dibutuhkan sejumlah perjuangan panjang dalam mewujudkan hal tersebut.

Sebagian besar orang yang sukses di dalam usaha yang mereka rintis adalah mereka yang memulai segala sesuatunya dari nol, di mana mereka mengupayakan dan membangun sendiri lini bisnis yang mereka minati. Hal tersebut tentu akan membutuhkan banyak kerja keras dan juga sejumlah waktu yang cukup panjang, terutama jika ternyata mereka memulai hal tersebut untuk pertamakalinya.

Ada banyak ciri yang menunjukkan Anda adalah seorang pebisnis yang hebat. Berikut diantaranya.

Berani memulai sesuatu yang baru

Mereka yang sukses adalah kebanyakan mereka yang berani mencoba berbagai hal baru, yang terlihat aneh dan bahkan tidak mungkin berhasil dalam pandangan orang lain. Hal-hal seperti inilah yang menjadi pembeda antara pengusaha sukses dengan yang lainnya, di mana mereka akan selalu memikirkan berbagai hal tentang pencapaian ke depannya yang bahkan mungkin tidak pernah terlintas di dalam benak orang lain. Mereka tidak takut menjadi berbeda dari orang lain, bahkan sebagian besar pengusaha akan cenderung selalu melawan arah dan melakukan hal yang tidak dilakukan oleh orang-orang kebanyakan.  

Disiplin yang sangat tinggi

Jangan sepele pada masalah disiplin, sebab hal ini sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang di dalam pekerjaan. Apapun pekerjaan dan bisnis yang anda lakukan, itu hanya akan berjalan dengan lancar jika anda memiliki disiplin yang baik dalam melakukannya. Inilah yang dilakukan oleh pengusaha sukses, di mana mereka sangat menghargai waktu mereka dan menghabiskannya hanya untuk melakukan berbagai hal yang akan membawa mereka ke dalam keberhasilan saja, bukan untuk hal lainnya.

Berani menghadapi risiko dan juga tantangan

Menjadi seorang pengusaha, anda juga harus memiliki mental baja dalam menghadapi berbagai risiko dan juga tantangan yang ada di depan mata. Berbagai permasalahan bisa saja terjadi, bahkan risiko tersulit sekalipun yang tidak pernah diprediksi sebelumnya.

Cepat belajar dan mudah beradaptasi

Seorang pengusaha harus fleksibel, cepat belajar akan berbagai macam hal dan bisa beradaptasi pada berbagai kondisi yang akan ditemuinya, kapan saja dan di mana saja. Mereka bisa mengatasi berbagai masalah dengan cepat, sebab sikap fleksibel yang mereka miliki akan sangat mendukung mereka untuk melakukan hal tersebut, bahkan ketika mereka mengalami kegagalan sekalipun.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement