Kamis 15 Sep 2016 14:18 WIB

Cara Jitu Pilih Tempat Jualan Online Bagi Pemula

Berjualan secara daring.
Foto: ist
Berjualan secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu bisnis yang saat ini banyak digemari adalah bisnis yang berbasis daring, sebab bisnis ini memiliki peluang yang besar untuk berkembang. Pesatnya perkembangan di dalam dunia teknologi informasi menjadikan bisnis daring begitu mudah untuk dilakoni, bahkan oleh para pemula juga.

Sebagaimana bisnis lainnya, bisnis berbasis daring juga harus dimulai dengan sebuah konsep yang jelas dan terukur, sehingga Anda bisa memulai segala seuatunya dengan matang dan juga terarah untuk bisa mencapai target penjualan di dalam bisnis yang akan dijalankan. Jangan takut dan malas untuk belajar, sebab sekarang ada banyak sekali situs yang memberikan panduan untuk memulai sebuah bisnis dengan mudah, terutama untuk bisnis daring.

Berjualan secara daring akan sangat berbeda dengan berjualan secara langsung, di mana anda tidak akan menjadi demikian repot dalam menyiapkan segala sesuatunya. Di dalam bisnis daring ada pilihan tempat berjualan yang bisa dibangun dengan mudah. Hal ini tentu akan sangat bergantung pada kemampuan. Namun setidaknya ada tiga pilihan untuk memulai bisnis daring.

Menggunakan Media Sosial

Ini menjadi pilihan yang paling mudah dan praktis, sebab tidak perlu repot-repot dalam membuat serta menyiapkan sebuah situs khusus untuk membangun toko. Jumlah pengguna media sosial sangat tinggi, sehingga Anda akan memiliki peluang yang sangat luas untuk bisa sukses menjalankan bisnis dengan mengandalkan salah satu atau beberapa sekaligus lini media sosial tersebut.

Pilih media sosial yang paling tepat. Pastikan benar-benar memahami penggunaan sosial media , jangan sampai kebingungan dan tidak bisa mengatasi berbagai kendala di dalamnya nanti.

Pemilihan media sosial ini juga terbilang gampang-gampang susah, sebab harus bisa menemukan sejumlah orang atau komunitas yang kira-kira menjadi pasar yang tepat bagi bisnis, untuk itu Anda harus jeli dalam mengenal pangsa pasar sejak awal.

Menggunakan situs

Ini akan sedikit lebih kompleks daripada sekedar sebuah akun Facebook atau Twitter saja, sebab Anda akan membuka sebuah toko daring secara lebih profesional dan terarah. Anda bisa memulainya dengan menggunakan sebuah situs gratisan, di mana anda bisa membangun sebuah toko daring sederhana di sana.

Namun jika ingin terlihat lebih profesional, bisa membuat sebuah situs berbayar, artinya harus membeli sebuah domain dan juga hosting. Dengan situs berbayar, maka toko daring bisa dibuat menggunakan nama yang diinginkan, tentu dengan membayar sejumlah biaya untuk kepentingan tersebut. Tidak perlu yang ribet dan mahal, cukup memulainya dengan sebuah situs yang sederhana saja, yang penting ketahui dan pahami dengan baik cara kerja situs tersebut secara keseluruhan.

Bergabung di situs jual beli daring

Ini adalah langkah yang terbilang paling mudah dan cukup praktis dari yang lainnya, bergabung dan berjualan di situs online yang telah ada, misalnya Bukalapak, Olx, dan juga situs lainnya.

Cara berjualan di sini akan lebih simpel dan mudah, sebab hanya perlu bergabung dan kemudian memajang produk-produk di toko mereka, kemudian menunggu pembeli dan akhirnya mendapatkan keuntungan. Sangat simpel, bukan?

Pilihan ini juga sangat direkomendasikan, terutama jika memiliki banyak jenis produk yang akan dijual. Bagi Anda yang tidak memiliki sejumlah waktu yang cukup untuk mengurusi sebuah toko daring, maka pilihan ini juga menjadi salah satu pilihan terbaik. Anda tidak perlu repot-repot dan merawat sebuah situs atau toko daring, sebab banyak orang akan berkunjung ke situs ini dan mereka dengan mudah akan menemukan produk Anda di sana.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement