Rabu 14 Sep 2016 10:16 WIB

7 Film Indonesia yang Menginspirasi Pengelolaan Keuangan

Film Hijab
Foto: ist
Film Hijab

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal yang bisa membuat kita terinspirasi dengan bagaimana cara mengelola keuangan. Baik didapatkan dari pengalaman kehidupan orang lain, permainan gim hingga dari cerita film. Khusus untuk film, ceritanya ada yang berasal dari cerita nyata, berdasarkan tulisan dalam novel, dan bahkan hanya sebuah karangan cerita saja. Dengan banyak karakter dan masalah yang diangkat dalam sebuah cerita film, penonton diajak untuk menyimak jalan cerita yang disajikan.

Banyak film-film bermutu yang diharapkan memiliki makna bagi penikmatnya ketika tamat menyaksikannya. Tema yang menginspirasi pengelolaan keuangan akan membuat penontonnya lebih bersemangat untuk memperbaiki diri di dalam kehidupan nyatanya.

Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar

Tokoh Merry Riana  sudah cukup terkenal dengan pencapaian prestasi finansialnya. Film ini menceritakan kisah nyata seorang Merry Riana yang tinggal di Jakarta yang kemudian mengungsi dan melanjutkan pendidikannya di Singapura karena kondisi di Indonesia yang buruk waktu itu. Berpisah dari orang tua, membuat Merry Riana harus tegar dan berupaya kuat demi menyelesaikan pendidikannya dan membayar hutang di negeri orang.

Film Mimpi Sejuta Dollar ini memberikan pelajaran tentang arti kerja keras, menghargai uang dan bangkit saat mengalami kebangkrutan. Pelajaran lainnya, uang memang penting, namun juga jangan terlalu sibuk untuk mengejarnya.

Hijab

Cerita film Hijab yaitu tentang kehidupan Bia, Tata, Sari dan Anin. Awalnya Bia, Tata, dan Anin adalah wanita mandiri. Namun setelah menikah dan menjadi istri, mereka menggantungkan kehidupan ekonominya kepada sang suami. Namun, secara diam-diam akhirnya mereka semua sepakat untuk berjuang memiliki pendapatan sendiri dengan berjualan melalui toko online busana Muslim.

Karena adanya ketimpangan dalam pendapatan pasangan suami istri, konflik kemudian dimulai. Dari film ini bisa diambil pelajaran tentang keterbukaan, komunikasi dan perencanaan dalam sebuah hubungan pernikahan, termasuk yang berhubungan dengan masalah keuangan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement