Selasa 13 Sep 2016 11:13 WIB

Sukses dan Kaya dari Bekerja Freelance

Bekerja freelance
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bekerja freelance

REPUBLIKA.CO.ID, Bekerja terkadang menjadi sesuatu yang menyebalkan dalam hidup. Di balik gaji besar yang Anda dapatkan, Anda akan menghadapi beberapa masalah dalam bekerja, seperti omelan dari bos, kerjaan yang menumpuk, uang bensin pulang pergi ke kantor, frustasi karena kemacetan di jalanan, dan juga waktu yang terbuang bersama keluarga.

Terkadang, tentu Anda pernah berandai-andai ada pekerjaan yang bisa tetap mendapatkan pemasukkan yang besar tanpa harus mengalami beberapa masalah tersebut. Adakah?

Jawabannya ada! Di zaman yang sudah serba modern ini, pekerjaan secara daring dan freelance atau tidak penuh waktu bisa menjadi sebuah solusi dalam permasalahan yang Anda temui tersebut. Dengan begitu, Anda bisa bekerja secara daring dari rumah, tidak memiliki bos secara fisik dan nyata dan juga tetap mendapatkan gaji yang cukup besar, sesuai dengan pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Dalam artikel ini, kami akan memaparkan beberapa tips sukses bekerja freelance di zaman yang sudah serba modern ini.

Kebutuhan seorang freelancer

Sebelum berbicara jauh tentang cara sukses bekerja freelance, tentu Anda harus tahu terlebih dahulu tentang hal-hal yang Anda butuhkan sebagai seorang freelancer. Hal pertama tentu saja Anda harus memiliki perangkat komputer ataupun komputer jinjing yang mumpuni. Tentu saja Anda akan menggunakan kedua alat ini sebagai alat Anda dalam mencari uang.

Setelah itu, Anda pun akan memerlukan koneksi internet sebagai penghubung antara Anda dengan konsumen dari pekerjaan freelance Anda. Hal tambahan lainnya, Anda pun membutuhkan ruang kerja tersendiri di rumah Anda. Hal ini diperlukan untuk tetap membuat Anda konsentrasi dalam bekerja dan tidak terganggu oleh aktivitas di rumah Anda.

Disiplin

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa sukses walaupun bekerja sebagai freelancer adalah tetap disiplin. Bekerja sebagai freelancer, tentu Anda tidak akan memiliki bos dan juga jadwal kerja yang tetap. Oleh karena itu, Anda perlu mendisiplinkan diri Anda sendiri agar Anda tetap memiliki jam kerja, walaupun bekerja dari rumah. Hal ini pun dilakukan agar Anda bisa tetap bekerja setiap harinya, tanpa terganggu oleh aktivitas rumah lainnya.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement