Ahad 11 Sep 2016 21:09 WIB

Gordon-Levitt 'Menyelidiki' Motif Edward Snowden

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Joseph Gordon Levitt (kiri) dan Edward Snowden.
Foto: Guardian
Joseph Gordon Levitt (kiri) dan Edward Snowden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam film terbarunya berjudul "Snowden", aktor Joseph Gordon-Levitt mengaku berharap dapat memahami motivasi Edward Snowden dalam melakukan 'aksinya' selama ini. Levitt mengaku ingin mencari tahu apa yang ada di kepala whistleblower itu.

"Aku agak mencoba untuk mencari tahu mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan, apa yang sedang terjadi di kepalanya," kata Gordon-Levitt.

Film ini mengarah pada peristiwa 2013, saat Snowden melarikan diri dari Amerika Serikat setelah mengekspos program pengawasaan massa pemerintah untuk wartawan Glenn Greenwald dan pembuat film dokumenter Luara Poitras. Pemerintah AS mengajukan tuduhan spionase terhadap Snowden dan memburunya. Namun, ia mendapat suaka di Rusia.

Ketika vetera pembuat film Oliver Stone akan membuat film ini, ia mengatakan hanya ada satu aktor di kepalanya yang akan memerankan sosok Snowden. Aktor itu adalah Gordon-Levitt.

"Saya tak tahu mengapa, tapi tampaknya harus dia dan rasanya begitu, dan dia seperti gambaran generasi saat ini yang memiliki pengetahuan komputer yang sama," kata Stone kepada Reuters bulan lalu di Los Angeles.

Snowden telah ditayangkan perdana pada Jumat (9/9) lalu, di Toronto Film Festival. Film akan ditayangkan di bioskop mulai 16 September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement