Jumat 09 Sep 2016 15:20 WIB

Pentingnya Mengatur Uang Bagi Pekerja

Setiap pekerja membutuhkan kepandaian mengatur gajinya.
Foto:
Setiap pekerja membutuhkan kepandaian mengatur gajinya.

Kalau perlu, buat dua rekening sekaligus

Dua rekening ini berguna untukmu memilah-milah mana uang penghasilan yang harus ditabung dan mana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk rekening tabungan, tidak perlu membuat kartu ATM. Mengapa? karena hanya akan menggoda untuk  menggunakan uang tersebut sampai habis tidak bersisa.

Sedangkan untuk rekening yang satu lagi, pembuatan kartu ATM termasuk kebutuhan yang opsional. Artinya untuk keperluan sehari-hari pastinya akan memerlukan sejumlah uang. Buat perencanaan kapan harus ke ATM untuk mengambil uang. Seminggu sekali atau dua minggu sekali adalah contoh ideal bagi yang ingin berhemat.

Biasakan untuk tidak membuat dompet terlihat tebal

Maksudnya adalah isi secukupnya dompet dengan beberapa lembar uang tunai. Seratus ribu sudah cukup sebagai dana cadangan di dompet untuk keperluan sehari-hari ataupun jika kendaraan kamu mengalami hal yang tidak terduga seperti ban bocor, mogok, dan semacamnya. Malu diejek miskin? biar saja, yang merasakan dampaknya nanti bukan mereka melainkan diri sendiri.

Jangan tergoda untuk kredit barang yang tidak perlu

Sekali lagi, ini hanya soal gengsi. Bermunculannya barang-barang baru tentunya membuat tergiur ingin membelinya. Apalagi kalau teman-temanmu di kantor sudah memakai gawai keluaran terbaru. Begitu juga dengan teman yang membeli motor atau mobil baru dengan gayanya yang super wah.

Nah, sebenarnya inilah pola pikir yang salah. Tidak perlu membeli barang-barang tersebut hanya untuk terlihat keren, apalagi kalau sampai membelinya dengan kredit. Memang, hanya dengan setoran awal yang tidak seberapa sudah bisa mendapatkan barang impianmu. Namun hal itu akan memberatkan di kemudian hari karena tentu saja cicilan-cicilan barang tersebut tidak kecil dan memerlukan waktu yang lama untuk melunasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement