Jumat 09 Sep 2016 07:14 WIB

Supaya tak Kecewa, Ini Tips Pilih Oleh-Oleh

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ragam oleh-oleh makanan khas Indonesia.
Foto: dok Blue Band
Ragam oleh-oleh makanan khas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berlibur atau jalan-jalan, oleh-oleh menjadi barang wajib yang harus dibeli. Entah untuk dimakan sendiri, untuk keluarga, untuk sahabat bahkan untuk rekan kerja sekalipun. Sayangnya oleh-oleh yang kita beli kadang tidak sesuai dengan ekspektasi kita rasanya. Supaya tidak salah pilih, berikut tips memilih oleh-oleh.

President of Indonesia Pastry Alliance, Chef Rahmat Kusnedi menjelaskan setiap kota memiliki oleh-oleh khas masing-masing daerah. Misalnya Medan ada bolu meranti atau bika ambon, Bandung ada brownis kukus, Yogyakarta ada bakpia dan lainnya. Setiap orang ingin membeli oleh-oleh terbaik, sayangnya begitu sampai rumah dan mencicipi oleh-olehnya, dia kecewa. Karena itu ia menyarankan harus selektif memilih oleh-oleh.

Pertama yang harus dilakukan adalah kenali dulu oleh-oleh yang akan kita beli. "Kalau enggak kenal nggak baik," ujarnya.

Kenali itu ada dua, pertama secara penampakan luar, layak atau tidak baik dari produk maupun kemasan. Analisa awal dari kemasan. Lihat menarik mata mata tidak. Kemudian lihat tanggal kedaluwarsanya. Lalu lihat apakah terdaftar di BPOM tidak, ada sertifikasi halalnya atau tidak.

Setelah itu kenali produknya. Kenali  produk apa yang akan kita beli. Benar atau tidak karakternya. Kalau warna aneh layak tidak dimakan. Kemudian lihat harganya.

"Kenali dulu sebelum putuskan untuk beli baik penampakan luar maupun seluruhnya tekstur," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement