Rabu 07 Sep 2016 14:39 WIB

Studi: Anak yang Makan Ikan Berminyak Lebih Pandai Membaca

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri
Studi: Anak yang Makan Ikan Berminyak Lebih Pandai Membaca
Foto: Dailymail
Studi: Anak yang Makan Ikan Berminyak Lebih Pandai Membaca

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan sebuah studi terbaru mengatakan, anak-anak yang memiliki kebiasaan memakan ikan yang berminyak memiliki kelebihan dalam hal membaca dibandingkan yang lain. Para peneliti mengungkapkan, anak muda akan memiliki peningkatan signifikan dalam membaca ketika mengonsumsi Omega 3.

Ikan-ikan yang mengandung Omega 3 tertinggi diantaranya Salmon, Tuna, Sarden, dan ikan Haring. Bahkan, sebuah penemuan teranyar lain mengungkapkan, anak-anak yang mengonsumsi Omega 3 dan Omega 6 secara seimbang, akan memiliki peningkatan membaca yang lebih signifikan.

Keseimbangan konsumsi gizi Omega 3 dan Omega 6 selain meningkatkan kemampuan dalam membaca. Juga mampu mengalami peningkatan dalam kemampuan berbahasa (fonologi) dan analisis visual.

"Apakah para orang tua mesti memberikan gizi Omega 3 yang lebih banyak kepada anaknya? Ya harus!" kata peneliti asal Universitas Oxford, Dr Alex Richardson sebagaimana dilansir Daily Mail, Selasa (6/9).

Para peneliti dari Gillbert Neuropsychiatry Centre, di Goteborg University Swedia telah menguji anak-anak usia sembilan hingga 10 tahun dalam enam bulan. Murid-murid yang menjadi objek penelitian berada di 12 sekolah umum di Swedia, mereka diberikan gizi seimbang antara Omega 3 dan Omega 6, dan beberapa tidak.

Hasilnya, para siswa yang diberikan asupan gizi Omega 3 dan Omega 6 yang seimbang dalam tenggat waktu tiga bulan menunjukkan kemampuan membaca 64 persen lebih baik dari yang tidak diberikan asupan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement