Rabu 07 Sep 2016 08:58 WIB

Ada Kuil dalam Gua di India

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Kuil dalam gua di India
Foto: Atlas Obscura
Kuil dalam gua di India

REPUBLIKA.CO.ID, India Barat adalah rumah bagi peninggalan terakhir sejarah agama Budha sejak 2.000 lalu. Pegunungan Ghats Barat dulunya merupakan wilayah tersibuk di India karena menjadi pintu gerbang pedagang-pedagang dari zaman Kekaisaran Romawi.

Umat Budha pada masa itu beribadah dengan cara mendirikan candi-candi atau kuil ibadah dengan cara membuat gua di pegunungan. Tempat-tempat bersejarah itu kini menjadi peninggalan dari era kuno. Ini memberi bukti fisik dari tradisi arsitektur dalam kehidupan masyarakat Budha.

"Gua-gua itu menjadi simbol kehidupan pada periode tersebut," kata Profesor Sejarah Seni, David Efurd, dilansir dari Atlas Obscura, Rabu (7/9).

Efurd menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memelajari dan memotret candi-candi gua di Maharashtra, India. Setidaknya dia sudah mengunjungi dan memotret arsitektur 70 situs candi gua di India.

Beberapa situs sudah populer dan mudah dikunjungi wisatawan dari wilayah Mumbai dan Pune. Ada juga wisatawan yang memilih berjalan kaki berjam-jam menuju candi-candi gua dari kedua kota ini.

Biksu-biksu Budha juga tinggal di gua-gua ini pada masa itu. Inilah yang menjadi asal-usu agama Budha di India Timur Laut, sekitar abad 4-6 SM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement