Selasa 06 Sep 2016 08:22 WIB

7 Ciri Kesuksesan yang Kadang Terlupa

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Pasangan berbahagia
Foto: ist
Pasangan berbahagia

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu tidak akan ada habisnya. Menilai kesuksesan bukan dengan cara melihat orang lain yang lebih sukses.

Anda akan kehilangan kepercayaan diri dan terus menjadi orang yang gagal jika membandingkan diri dengan sosok lain. Masalah perbandingan akan terus berputar tidak peduli seberapa sukses Anda dalam hidup.

Karena itu, berhentilah membandingkan diri dan coba fokus pada diri sendiri. Berikut ini beberapa tanda Anda lebih sukses daripada yang Anda pikirkan, dikutip dari INC,  Senin (5/9).

Memiliki cukup uang

Banyak orang hidup dari gaji ke gaji, bahkan banyak yang justru menampikkan kebutuhan. Jika Anda dapat melewati kondisi hidup hanya menunggu gaji berikutnya dan cukup memiliki uang untuk  melakukan hal positif, seperti berinvestasi, maka dapat dikatakan Anda telah sukses.

Memiliki teman dekat

Menjalinan hubungan erat atau persahabatan semakin sulit dilakukan saat ini. Studi menemukan jika orang semakin jarang mendiskusikan sesuatu hal dengan orang terdekat. Penurunan presentase tersebut bermula dari 2.94 menjadi 2.08 dalam waktu 20 tahun terakhir.

Jika Anda memiliki teman dekat lebih dari dua atau tiga orang yang memang tidak hanya berkenaan dengan hubungan sosial, tapi juga hubungan yang penting dalam kehidupan ke arah positif, maka itu berarti satu kesuksesan telah Anda dapatkan.

Memilih orang sekitar

Orang-orang sukses akan menarik sesama orang sukses. Pekerja keras akan menarik pekerja keras lainnya. Orang-orang baik bergaul dengan orang-orang baik, karyawan besar ingin bekerja untuk bos besar. Memilih orang yang berada di sekitar Anda bukan berati menjadikan orang egois.

Anda berhak menyeleksi orang-orang dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan profesional. Tapi bukan berarti Anda menjadi orang yang dihindari oleh orang lain.

Kegagalan sebuah pelajaran

Kegagalan menyebalkan, tapi juga cara terbaik untuk belajar dan tumbuh. Akan selalu ada cobaan, tantangan, dan hambatan. Tapi ketekunan selalu menang pada akhirnya.

Setiap orang sukses pernah gagal, bahkan berkali-kali. Hanya saja kegagalan tersebut dirangkul dengan baik dan membawa  tanggung jawab baru untuk tidak diulangi kembali.

Tidak meminta bantuan

Orang sukses menerima bantuan jika ditawarkan, tapi mereka tidak merasa perlu untuk meminta-minta. Bukan berarti mereka tidak membutuhkan bantuan orang lain sama sekali. Bahkan, orang sukses justru lebih fokus pada apa yang bisa mereka lakukan untuk orang lain.

Tidak mencari pujian dan sorotan

Mungkin Anda berjasa dalam suatu pekerja dan memiliki peranan besar, kemudian Anda tidak mencari pujian atau penghargaan. Itu berarti sudah berhasil. Anda berarti sudah memiliki kebanggaan di dalam diri, tidak perlu kemuliaan dari orang lain yang terpenting telah memenuhi pencapaian diri.

Memiliki tujuan

Orang-orang sukses memiliki tujuan. Akibatnya, mereka sangat gembira, berdedikasi, penuh gairah, dan tidak kenal takut. Terlebih lagi dari hal itu membuat orang sukses senang berbagi gairah dengan orang lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement