Senin 05 Sep 2016 11:45 WIB

7 Alasan Rambut tak Kunjung Tumbuh

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Masker rambut (ilustrasi)
Masker rambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian perempuan mendambakan punya rambut panjang ala Rapunzel agar bisa di tata dalam berbagai gaya. Namun, malah banyak yang mengeluhkan rambutnya tak kunjung tumbuh. Boldsky melansir ada beberapa penyebab rambut tak kunjung tumbuh, seperti berikut.

Kebiasaan makan buruk

Pola makan tak sehat bisa berpotensi menghentikan pertumbuhan rambut. Usahakan selalu mengasup cukup vitamin, protein, dan nutrisi seimbang dalam menu harian Anda.

Ketegangan di akar rambut

Sering menata rambut dalam gaya kepang dan ikatan ketat bisa menimbulkan ketegangan di bagian akar. Akibatnya, rambut mudah rontok dan terganggu kemampuan tumbuhnya.

Panas berlebih

Overheating dapat menjadi salah satu alasan mengapa rambut tak kunjung tumbuh. Menggunakan panas yang berlebihan dan berulang pada rambut juga membuat folikel rambut lekas rusak.

Kurang kelembaban

Musim dingin adalah musuh utama rambut karena menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Untuk mengatasinya, aplikasikan pelembab, minyak zaitun, atau minyak kelapa usai keramas.

Bahan kimia berlebih

Menggunakan serum buatan dan produk dengan banyak bahan kimia dapat menghambat pertumbuhan rambut. Terlebih, sejumlah produk yang mengandung natrium hidroksida dan kalium hidroksida.

Sering potong rambut

Terlalu sering memangkas rambut ternyata juga jadi alasan terhambatnya pertumbuhan rambut. Idealnya, potong rambut dalam jeda minimum enam bulan.

Tidak memakai vitamin

Jika rambut tak kunjung tumbuh, bisa jadi Anda kurang cukup memberinya vitamin. Konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen vitamin yang sesuai atau gunakan produk yang banyak dijual di pasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement