Jumat 02 Sep 2016 05:44 WIB

3 Cara Bantu Anda Beli Rumah dengan Gaji UMR

Membeli rumah tak sama dengan barang lain, perlu persiapan matang agar dana membeli rumah tersedia dengan baik.
Foto: Republika/Prayogi
Membeli rumah lewat KPR merupakan pilihan yang digemari banyak keluarga, terutama dari kelas menengah.

Mencoba Mencari Penghasilan Tambahan

Sering kita mendengar istilah “hanya mengandalkan gaji bulanan saja, itu tidak akan cukup” yang menjadi sindiran bagi para karyawan. Adanya gaji memang jaminan untuk memenuhi kebutuhannya, namun jika bisa lebih besar lagi, bukankah itu akan lebih menjamin dengan maksimal. 

Carilah penghasilan tambahan dengan menggunakan kreativitas yang dimiliki. Misalnya di waktu luang bekerja sebagai translator bahasa, guru privat atau bekerja dan jualan secara online. Jika saja dari penghasilan tambahan ini, mendapat Rp 1 juta rupiah, setelah ditabung, hasilnya bisa lumayan.

Perhatikan simulasi perhitungan berikut:

Penghasilan Tambahan tiap bulan Rp 1 juta

Ditabungkan selama 2 Tahun seluruhnya = 24 bulan x 1 juta = 24 juta

Mencari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan Bunga Terendah

Untuk segera memiliki rumah, walau gaji masih UMR, perlu juga untuk mencari KPR dari bank yang menawarkan jasanya dengan bunga terendah. Bunga KPR dari tiap bank tentunya berbeda-beda, pilihlah yang bunganya paling rendah. Sehingga, saat membayar cicilanya nanti, tidak terlalu memberatkan.

Menabung Maksimal

Ternyata gaji UMR bisa digunakan untuk membeli rumah, dengan catatan tetap menabung secara berkala dan tidak pernah menyatukan urusan kebutuhan pribadi dengan tabungan tersebut. semakin besar jumlah tabungan yang disisihkan, maka hasil yang akan di dapat nanti akan maksimal. Rumah impian pun, bisa dimiliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement