Kamis 01 Sep 2016 14:47 WIB

Cerita Travel Blogger Sutiknyo Saat Pelesiran di Musim Hujan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Travel Blogger Sutiknyo saat eksplore alam Indonesia.
Foto: Dok: Pribadi
Travel Blogger Sutiknyo saat eksplore alam Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi travel blogger Sutiknyo alias Tekno Bolang, musim hujan sama sekali bukan penghalang untuk jalan-jalan. Malah, ada banyak tambahan konten sehingga kisah yang ia bagikan lewat blognya makin seru.

Salah satunya adalah ketika Sutiknyo melakukan ekspedisi menggunakan sepeda motor ke Timor Leste selama tiga bulan di tahun 2014. Kala itu, ia sekaligus menjelajahi pulau-pulau kecil di kawasan Nusa Tenggara Timur.

Saat bertandang ke Sabu, pulau kecil di Nusa Tenggara Timur, Sutiknyo 'terjebak' karena tak ada kapal beroperasi. Beberapa kali pemberangkatan kapal dibatalkan akibat cuaca buruk.

"Rencana awal hanya lima hari jadi dua pekan lebih, tapi jadi semakin banyak eksplor Sabu dan semakin banyak cerita," ujar pria kelahiran Pati, 20 Mei 1979 tersebut.

Tak hanya itu, kapal Sutiknyo beberapa kali terjebak badai dan ombak tinggi di tengah laut. Namun, kondisi mencekam tersebut tak membuatnya kapok menjelajah meski cuaca buruk.

Macam-macam cerita itu dimuat Sutiknyo lewat blog lostpacker.com berupa artikel, foto, dan video. Tajuk lostpacker ia maknai sebagai keinginan keluar dari buku panduan travel yang telah ada.

"Saya orangnya senang jalan, backpacking sendirian, getting lost, ngobrol dengan orang lokal dan dapat banyak cerita dari sana," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement