Kamis 01 Sep 2016 13:34 WIB

5 Macam Pengeluaran Penyebab 'Dompet Kering'

Pandai menahan diri membantu Anda memiliki pengaturan keuangan yang lebih baik.
Foto: pexels
Pandai menahan diri membantu Anda memiliki pengaturan keuangan yang lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Tuntutan gaya hidup sangat bisa membuat dompet selalu kering. Ada saja keinginan yang harus dipenuhi, meski sebenarnya tidak ada kebutuhannya.

Dalam mengatur keuangan, terutama dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran yang diperlukan, memerlukan komitmen untuk menjalankannya. Rasanya berat. Tapi semua itu tidak akan membuat rugi. Sebaliknya, Anda akan beruntung dalam masalah keuangan. Jangan sampai kebutuhan masih banyak, tapi dompet sudah kering alias sudah kosong.

Umumnya, ada lima hal yang sering menggoda dan akhirnya menyebabkan dompet kering.

Tergoda dengan Munculnya Gawai dan Teknologi  Baru

Saat ini, orang bisa jadi selalu ingin berganti gawai setiap tahunnya, bahkan selang beberapa bulan sekali. Secara teknologi memang harus seperti itu, namun keuangan rata-rata orang tentunya tidak mampu untuk memenuhi itu semua. Jangan terlalu tergoda untuk memiliki gadget baru, atau membeli alat elektronik baru yang canggih. Harga rata-rata produk ini cukup mahal, sehingga sebaiknya diacuhkan saja. Uang Anda akan lebih hemat.

Bahan Makanan

Bahan makanan juga ternyata bisa membuat dompet kita menjadi kering. Makanan yang enak di zaman sekarang, cenderung harganya mahal. Untuk tetap makan enak, tidak harus selalu mahal. Masih banyak bahan makanan lain yang cukup murah namun tetap sehat untuk dikonsumsi. Seperti buah-buahan , sayuran, dan susu.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement