Kamis 01 Sep 2016 11:45 WIB

Lain Geografi, Lain Pula Perawatan Rambutnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah rambut sering dialami hampir setiap orang. Bukan hanya perempuan bahkan laki-laki juga. Namun setiap orang akan mendapatkan perawatan rambut yang berbeda tergantung usia, penyebab masalah rambut, aktivitasnya juga letak geografi dimana ia tinggal.

Pendiri Hair Care Centre with Phyto Botanical Power, dr Amaranila, SpKK menjelaskan kondisi iklim di Indonesia berbeda dengan di Arab Saudi. Indonesia iklimnya tropis, panas dan lembab. Sementara di Arab Saudi atau daerah gurun pasir iklimnya panas dan kering.

"Di Indonesia panas dan lembab. Jumlah uap air di udara banyak. Tidak terlalu gampang cepat keriput. Tapi di Indonesia jalan sebentar sudah keringatan. Sementara kalau di gurun pasir, tidak keringat tapi kering. Ini membuat kulit dehidrasi," ujarnya.

Di padang pasir, lanjutnya, orang perlu mengenakan sorban untuk melindungi kulit kepalanya. Di sini, penggunaan sorban yang tebal akan membuat gerah dan kulit kepala menjadi lengket. "Lain geografi lain perawatan dan perlindungannya," ujarnya.

Sama halnya dengan jilbab, ia menyarankan menghindari jilbab yang bertumpuk untuk di Indonesia. Sebaliknya di negara empat musim. Saat sedang dingin disarankan menggunakan bahan tebal untuk melindungi air di kulit tidak menguap dan kelembaban serta hidrasi terjaga.

"Kalau di Indonesia memakai yang dobel dan tebal, kelenjar minyak tebal bisa membuat ketombe dan lainnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement