Kamis 01 Sep 2016 09:24 WIB

Gaya Hidup Penyumbang Terbesar Masalah Rambut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Rambut indah bisa dimiliki bila Anda tepat merawatnya.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Rambut indah bisa dimiliki bila Anda tepat merawatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sering mengalami masalah rambut? Misalnya rambut rontok, ketombe, dan lainnya. Tahukan Anda ternyata penyebabnya 80 persen akibat gaya hidup.

Hal ini diungkapkan oleh pendiri Hair Care Centre with Phyto Botanical Power, dr Amaranila, SpKK. Menurutnya, biasanya kesalahan merawat rambut dan kulit kepala adalah penuaan rambut di usia dini. Yaitu usia masih 40 tahun, namun rambut dan kulit kepala sudah seperti usia 65 tahun  

Misalnya uban, masalah rambut ini bisa karena genetik tapi bisa juga datang lebih cepat kalau gaya hidupnya salah. Jika genetik tidak mempengaruhi uban di rambut, maka stres dapat jadi pemicunya.

Atau juga masalah ketombe. Yang merupakan masalah paling banyak dialami. Biasanya bukan karena penyakit, tapi justru salah sampo.

Ada juga masalah kepadatan rambut. Atau masalah rambut berminyak, kulit kepala infeksi, kebotakan dan lainnya yang disebabkan oleh gaya hidup.

Atau ketika orang sering mengecat atau meluruskan atau mengeriting rambut namun tidak merawat dengan baik setelahnya ini juga membuat rambut cepat rusak. "Rambut yang sehat kutikula tertutup dan bersinar. Kalau banyak dicatok, rebonding tapi tidak dirawat akan terjadi kerusakan rambut," ujarnya.

Inilah fakta yang menyabutkan hampir 80 persen penyebab gangguan kesehatan rambut masa kini ialah akibat perawatan rambut dan kulit kepala yang kurang tepat. Yakni, tidak tepat dengan usia, tidak tepat dengan aktivitas atau gaya hidup, tidak tepat dengan iklim dan lainnya. Sementara sisanya 20 persen dari masalah rambut diakibatkan oleh penyakit dan penuaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement