Rabu 31 Aug 2016 16:40 WIB

Kesalahan Atur Uang yang Bisa Bikin Anda Miskin

Memiliki utang bisa jadi jalan menuju kebangkrutan dalam pengelolaan keuangan.
Foto: ist
Memiliki utang bisa jadi jalan menuju kebangkrutan dalam pengelolaan keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Tak ada orang yang ingin hidup dalam kemiskinan. Bahkan beberapa orang rela melakukan segalanya demi tidak melarat.

Mengatur keuangan sebenarnya bisa jadi metode untuk mencegah diri jatuh dalam kemiskinan. Mau menerapkan pola hidup sesuai kemampuan juga efektif menghindari kemiskinan.

Berikut lima kesalahan mengatur keuangan yang bisa membuat jatuh miskin, bahkan seumur hidup Anda.

Punya utang

Utang memang menjadi salah satu masalah, kenapa orang bisa mengalami kemiskinan. Awalnya uutang yang dimiliki tersebut dianggap sepele, karena jumlahnya masih kecil. Lama-kelamaan karena menjadi terbiasa berutang, seperti menggunakan kartu kredit misalnya. Utang yang dimiliki ternyata semakin membengkak. Ditambah lagi tidak memiliki tabungan yang cukup. Ini bisa membuat Anda miskin seumur hidup, jika tidak segera dibenahi.

Tidak pernah bisa menabung

Jika berpikir menabung hanya untuk memiliki cadangan uang saja, maka pemikiran seperti itu harus segera dihilangkan. Menabung bukan hanya menjadi cadangan uang, tapi menabung juga berarti mempersiapkan masa depan dan menghargai hasil kerja keras selama bekerja atau berbisnis dalam kurun waktu tertentu.

Untuk dapat menabung dengan maksimal, biasakan untuk menjalani hidup yang tidak terlalu boros. Jangan terlalu mengiyakan segala keinginan yang tidak pernah ada batasnya. Sebaiknya sisihkan setiap hasil jerih  payah ke dalam bentuk tabungan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement