Rabu 31 Aug 2016 16:13 WIB

Jumlah Kategori Nominasi Panasonic Gobel Award 2016 Dipadatkan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Insan pertelevisian berfoto di konferensi pers PGA.
Foto: Republika/Wilda Wizriyani
Insan pertelevisian berfoto di konferensi pers PGA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Jumlah kategori nominasi penerima Panasonic Gobel Awards (PGA) 2016 dipadatkan. Total kategori yang sebelumnya berjumlah 27 dipadatkan menjadi 23. Jumlah tersebut terdiri dari 15 untuk program dan delapan kategori individu.

 

Durasi waktu merupakan salah satu aspek yang paling diperhatikan atas ketentuan ini. Banyaknya jumlah kategori ini menyebabkan siaran penghargaan di televisi berlangsung lebih lama. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, terdapat pemenang yang tak mampu disiarkan secara langsung di televisi. Padahal, panitia ingin agar semua kategori dapat ditayangkan langsung.

Belajar dari pengalaman lalu, beberapa kategori pun digabungkan hingga menghasilkan 23 klasifikasi. Meski begitu, dia yakin pengaruh perubahan ini tidak akan besar bagi para pemirsa televisi. “Kita gabungkan ya, bukan dikurangkan,” ujar Chairman of The 19th PGA 2016, Wendy Syofyan dalam Konferensi Pers Pengumuman Nominasi PGA 2016 di Jakarta, Rabu (31/8).

PGA merupakan salah satu komitmen Panasonic dalam memberikan aspirasi kepada insan pertelevisian Indonesia terbaik. Komitmen ini telah dipertahankan selama 19 tahun. Berbeda tahun lalu, PGA kali ini hanya menggunakan satu lembaga survei dalam menentukan para nominasi, yakni AC Nielsen. Hal ini diputuskan karena sampai saat ini Nielsen masih menjadi acuan utama bagi dunia pertelevisian Indonesia. Di samping itu, hampir tidak ada perbedaan data antara Nielsen, Roy Morgan maupun Provetic.

Kualitas program dalam memberikan nilai tambah ke masyarakat menjadi hal yang paling angkat. Penentuan nominasi juga dilihat apakah program tersebut memberikan inspirasi positif atau tidak ke masyarkat. Jika tidak mengandung hal ini, program yang dimaksud tentu akan dikesampingkan.

Steering Committee of the 19th PGA 2016, Alex Kumara menambahkan, nominasi program ini hanya berlaku bagi yang tayangnya dari Januari 2015 hingga Juni 2016. Rating dan jumlah pemirsa terhadap program juga menjadi bahan penilaian. “Sedangkan untuk nominasi individu itu berdasarkan riset Nielsen dari 1.500 responden di 11 kota,” kata dia.

Untuk memilih pemenang, PGA kini kembali memanfaatkan polling SMS dari masyarakat. Penyelenggara PGA 2016, satu nomor kontak hanya diperbolehkan mengirim satu kali SMS. Polling SMS ini akan mulai diberlakukan dari 1 September hingga 7 Oktober 2016. “Kirim ke 99386 untuk semua operator dan tarifnya Rp 2.000 per SMS. Cara mengirimnya, hanya tinggal ketik PGA (spasi) nomor kategori alphabet nominee,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement