Rabu 31 Aug 2016 13:27 WIB

Sulteng Kembangkan Wisata Bahari Pantai Kaluku

Wisatawan berlibur di Pantai Kaluku, Donggala.
Foto: Republika/Darmawan
Wisatawan berlibur di Pantai Kaluku, Donggala.

REPUBLIKA.CO.ID, DONGGALA -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengembangkan wisata bahari Pantai Kaluku (kelapa) yang terletak di Limboro Kabupaten Donggala sebagai salah satu destinasi wisata provinsi tersebut. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah, Siti Norma Mardjanu di Donggala, Rabu (31/8) menyatakan bahwa Pantai Kaluku atau Pantai Kelapa merupakan salah satu objek wisata potensial yang dimiliki Donggala.

"Objek wisata yang dikenal dengan nama Pantai Kaluku (pantai kelapa) atau kaluku ntasi, menjadi salah satu objek wisata potensial yang perlu untuk dikembangkan," ucap Norma Mardjanu, disela-sela peninjauan objek wisata tersebut.

Norma mengaku bahwa objek wisata tersebut memiliki laut yang diapit oleh dua tanjung di sisi kiri dan kanan. Serta pasir putih yang panjang dan lebar menambah keindahan objek wisata tersebut.

Tidak hanya itu, dia mengatakan pepohonan kelapa yang banyak tumbuh di sepanjang pesisir pantai tersebut, membuat objek wisata itu memiliki ciri tersendiri. "Pantai ini sangat unik dan indah, karena memiliki ciri khas tersendiri. Yaitu, pantainya diapit oleh dua tanjung di sisi kiri dan kanan, serta kelapa yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai. Itulah mengapa pantai tersebut dinamakan pantai kelapa," ujarnya.

Pemprov Sulteng, dia mengatakan akan berupaya untuk menydiakan sarana prasarana penunjang objek wisata di kawasan itu. Seperti tepat istrahat dan menginap, wifi, air bersih, tempat kuliner, rumah ibadah, serta sarana bermain dan penelitian.

Saat ini objek wisata tersebut memang belum memiliki sarana prasarana penunjang, untuk memberikan kenyamanan terhadap pengunjung di lokasi itu. Tidak berhenti disitu, lanjut dia, pihaknya juga akan mendorong pemerintah setempat agar membangun jalan kurang lebih 100 meter menuju objek wisata itu dari jalan poros Limboro. "Saat ini kita tinjau dan kita telah mengetahui kekurangan-kekurangan yang harus disediakan oleh pemerintah, satu diantaranya yaitu jalan sebagai akses untuk memudahkan pengunjung ke lokasi," jelasnya.

Sebelumnya Bupati Donggala, Kasman Lassa, menyebut bahwa pihaknya akan mengembangkan 48 objek wisata yang salah satunya yaitu Pantai Kaluku. Pemkab Donggala akan berkoordinasi dengan Pemprov Sulteng untuk membangun serta mengembangkan objek wisata tersebut, sebagai pendongkrak sektor jasa dan mendukung Donggala sebagai kota wisata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement