Selasa 23 Aug 2016 13:28 WIB

Alberthiene Endah tak Sangka JK Blak-blakkan tentang Ibunya

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Alberthiene Endah, Mufidah Jusuf Kalla dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla
Foto: Istimewa
Alberthiene Endah, Mufidah Jusuf Kalla dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis Alberthiene Endah berhasil mengisahkan perjalanan hidup Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK), dan ibunya semasa muda. Melalui novel berjudul Athirah, yang diambil dari nama ibunda JK, ia mengungkap masa-masa sulit yang pernah dialami JK saat tinggal di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saat mau menulis buku biografi Pak JK, saya sedang dalam kejenuhan. Saya nggak menyangka, Pak JK bisa bicara heart to heart dan tidak memaksakan saya untuk memahami politik. Lalu saya tanya 'apa yang paling membuat Bapak tersentuh dalam hidup?'" jelas Alberthiene, saat ditemui dalam acara konferensi pers film Athirah di Senopati, Jakarta Selatan, Senin (23/8).

Dari situ JK mulai bercerita mengenai masa mudanya di Makassar. Menurut penuturan JK kepadanya, sampai usia 40 tahun JK masih tinggal di Makassar untuk menjaga ibunya saat ayahnya melakukan poligami.

Sebagai anak laki-laki tertua, JK tak hanya bertanggungjawab mendampingi sang ibu, tetapi juga menjadi pembimbing bagi seluruh adik-adiknya. Baru setelah itu, JK memberanikan diri ke Jakarta.

"Yang luar biasa, bagaimana dua orang yang rentan, ibu dan anak laki laki, bisa menghasilkan kekuatan dahsyat," ungkap dia.

Selama penulisan buku Athirah, Alberthiene banyak dibantu oleh keluarga besar Athirah. Ia bahkan menyempatkan diri pergi ke Makassar dan bertemu dengan sanak saudara JK.

Menurutnya, banyak hal menarik dan nilai yang bisa diambil dari perjalanan Athirah dan JK muda. JK sendiri bahkan tidak berkeberatan kisah hidupnya diketahui oleh banyak orang.

"Beruntung semua keluarganya terbuka dan mau cerita. Betapa cinta keluarga untuk Athirah itu luar biasa. Saya melihat JK tak keberatan sesuatu yang disebut aib mau disebar ke khalayak karena ada nilai yang didapat," tuturnya.

Novel Athirah yang telah terbit pada 2013 lalu dibawah naungan penerbit Noura Book tersebut rencananya akan diterbitkan ulang di tahun ini dengan gambar baru di sampul depan. Novel ini juga telah diadaptasi ke dalam sebuah film berjudul sama, produksi Miles Film.

Film Athirah akan disutradarai oleh Riri Riza dari naskah yang ditulis Salman Aristo. Sedangkan, aktris Cut Mini didaulat untuk memerankan sosok Athirah dan aktor Christoffer Nelwan memerankan Jusuf Kalla atau Ucu muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement