Jumat 19 Aug 2016 13:59 WIB

Berinvestasi Rumah Melalui Cara KPR

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa jadi alternatif pembiayaan untuk membeli properti.
Foto:
Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa jadi alternatif pembiayaan untuk membeli properti.

Yang harus diperhatikan dan harus diketahui sebelum memutuskan untuk mengambil KPR di bank , antara lain:

1.    Suku bunga KPR

Besarnya suku bunga bank yang berlaku untuk waktu tertentu akan menentukan besar kecilnya nilai angsuran kredit KPR. Agar mendapatkan angsuran yang ringan, penting pula untuk cari suku bunga bank yang rendah. Perhatikan juga jenis bunga yang ditawarkan. Ada bank yang menawarkan bunga rendah hanya pada awalnya saja, mungkin selama 6 bulan atau satu tahun. Jika ingin lebih pasti dalam hal jumlah angsuran kredit, bisa dipilih kredit KPR dengan sistem syariah yang ditawarkan oleh bank-bank yang menganut prinsip Islam. Dengan memanfaatkan KPR syariah akan mengurangi kekhawatiran jumlah angsuran yang tidak menentu sesuai fluktuasi suku bunga bank.

2.    Pelunasan dipercepat

Pelunasan yang cepat merupakan harapan banyak orang yang mengambil rumah secara KPR. Dengan angsuran yang segera lunas akan mengurangi tanggungan hutang kepada bank. Sebelum benar-benar menggunakan fasilitas KPR ini perlu ditanyakan kepada pihak bank tentang prosedur jika pembayaran dipercepat atau fasillitas membayar sejumlah uang untuk mengurangi pokok hutang. Pilihlah yang fleksibel untuk melakukan pelunasan lebih cepat atau yang tanpa adanya penalti.

3.    Biaya lainnya

Saat mengajukan KPR, bank akan memberlakukan beberapa jenis biaya kepada calon nasabah KPR-nya. Biaya tersebut antara lain biaya provisi, biaya asuransi, biaya administrasi dan biaya lainnya. Tentu akan lebih meringankan jika memilih bank dengan biaya yang lebih rendah.

Menyiapkan KPR dari sekarang

Melakukan KPR sebagai usaha membeli rumah baik untuk kebutuhan dasar ataupun berinvestasi tetap memerlukan pertimbangan yang matang. Pertimbangan-pertimbangan ini utamanya berhubungan dengan kemampuan finansial dalam hal cicilan angsuran tiap bulannya. Sebelum menentukan KPR, siapkan sejumlah dana untuk uang muka dari sekarang. Jika telah memiliki sejumlah uang yang besar sebagai uang muka pengajuan kredit, maka akan membantu dalam mendapatkan cicilan angsuran yang lebih ringan. Bentuk KPR konvensional atau KPR syariah bisa dipilih untuk membantu memiliki rumah idaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement