Jumat 19 Aug 2016 08:23 WIB

Cabai atau Apel? Sesuaikan Pola Makan dengan Tipe Tubuh

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Cabai
Foto: ist
Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, Area penumpukan lemak pada tiap tipe tubuh memiliki kecenderungan area yang berbeda. Oleh karena itu, dokter Marie Savard, MD mengungkapkan bahwa tipe tubuh merupakan kunci untuk menentukan pola makan atau diet dan program olahraga terbaik bagi tiap orang.

Fitness Magazine merangkum ada tiga tipe tubuh yang dapat menjadi acuan untuk menentukan pola makan yang paling tepat bagi tiap individu. Ketiga tipe tubuh tersebut ialah tipe cabai, pir, dan apel.

Tipe Cabai

Tipe cabai merupakan tipe tubuh yang memiliki bentuk ramping tanpa ada perbedaan mencolok antara ukuran pinggul, pinggang dan bahu. Ketika berat badan dari kelompok tipe cabai bertambah, penambahan lemak cenderung berpusat di bagian tengah. Kondisi ini, terang Savard, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga diabetes.

Diet yang tepat?

Ahli gizi dan konsultan nutrisi Neva Cochran, RD mengatakan bahwa kelompok tipe cabai cocok dengan diet yang mengandung lemak sehat. Penggunaan lemak sehat ini dapat membantu kelompok Tipe Cabai untuk mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

Oleh karena itu, Cochran merekomendasikan kelompok tipe cabai untuk mengonsumsi ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan serta protein tanpa lemak. Di samping itu, Cochran juga merekomendasikan agar kelompok tipe cabai untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran dan kacang polong.

Olahraga yang tepat?

Terkait olahraga, ahli gizi olahraga dan ajun profesor dari University of Miami, Lisa DOrfman, RD menyarankan agar individu dari kelompok tipe tubuh ini melakukan olahraga yang melatih kekuatan. Latihan kekuatan ini dapat membantu kelompok Tipe Cabai untuk membentuk lekuk tubuh dengan cara membentuk otot.

Dorfman menilai latihan angkat beban dua sesi per minggu cocok untuk dilakukan oleh kelompok tipe cabai. Dorfman menyarankan agar latihan angkat beban ini melibatkan beban yang lebih berat dengan repetisi rendah. Dengan begitu, latihan angkat beban akan membantu kelompok tipe cabai untuk membentuk seluruh tubuh. Agar tetap sehat, Dorfman juga menyarankan agar kelompok tipe cabai mengombinasikan latihan kardio berintensitas sedang untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan ketahanan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement