Kamis 18 Aug 2016 11:01 WIB

Istri Bisa Tidur Lelap Jika Miliki Suami Seperti Ini

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Gangguan tidur
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gangguan tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Seseorang bisa tidur lebih baik jika disampingnya ada pasangan yang mampu merespons kebutuhannya. Hal itu merupakan hasil dari penelitian yang melibatkan sekitar 700 orang berusia 35 hingga 86 tahun yang sudah menikah atau hidup bersama.

Peneliti lantas menemukan hubungan antara pasangan yang peka dengan tidur nyenyak. Seseorang yang merasa diperhatikan akan terhindar dari perasaan depresi dan gelisah.

Laporan penelitian itu disampaikan dalam jurnal Social Psychological and Personality.Salah seorang anggota peneliti dari Middle East Technical University di Turki Emre Selcuk mengaku penemuan tersebut bisa berdampak pada penanganan dokter dalam menghadapi masalah tersebut.

"Ketergantungan alamiah dalam hubungan romantika dewasa menunjukkan pasangan romantis memainkan peran berarti dalam mendukung kesehatan yang lebih baik," ujar Selcuk seperti dikutip dari The Independent, Kamis (18/8).

Selcuk mengaku tidur yang baik memerlukan perasaan aman, proteksi, dan ketiadaan ancaman. Pada masa kanak-kanak, hal ini dipenuhi dengan kehadiran orang tua. Sementara bagi orang dewasa hal itu dipenuhi dengan kehadiran pasangan yang peka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement