Senin 15 Aug 2016 11:56 WIB

Menyimak Cerita Sukses Pembuat Komik Digital di Popcon Asia

Pencetus Webtoon Kim JunKoo (kiri), Park Taejun (tengah) dan Archie the RedCat (kanan).
Foto: Line
Pencetus Webtoon Kim JunKoo (kiri), Park Taejun (tengah) dan Archie the RedCat (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Line Webtoon secara perlahan mengubah cara orang dalam membaca komik. Line Webtoon menjadi bagian dari Popcon Asia 2016 yang diselenggarakan di JCC untuk merayakan dan mengapresiasi para kreator dan kontribusi mereka kepada industri kreatif. Setelah lebih dari 12 tahun sejak peluncuran pertamanya di Korea, Line Webtoon telah berkembang menjadi salah satu penyedia komik digital terbesar di dunia.

Pencetus Webtoon Kim JunKoo mengatakan pada tahun 2004, industri komik di Korea menghadapi masa yang sulit. Saat itulah dia memiliki visi untuk menciptakan sebuah platform bagi pecinta komik. "Dan di saat yang bersamaan memberi dukungan kepada para kreatornya dan menghubungkan mereka dengan para  pembaca di seluruh dunia. Saat ini, Line Webtoon  mengubah lanskap industri komik digital, dengan memberi kemudahan dan aksesibilitas bagi para pembaca dan membuka kesempatan serta senantiasa memberikan dukungan pada kreatornya," ujar dia.

Line Webtoon pertama kali diluncurkan di Indonesia pada April 2015. Line Webtoon Indonesia telah berhasil meraih pembaca terbanyak dibandingkan negara lain, dengan 6 juta pengguna aktif bulanan. Secara keseluruhan, Line Webtoon memiliki 88 judul webtoon yang tersedia untuk pembaca di Indonesia, 36 diantaranya adalah judul webtoon lokal, 11 telah tamat dan 25 on-going.

“Indonesia adalah pasar fokus kami, dan kami ingin dapat tumbuh bersama Indonesia, dengan cara berkomitmen untuk mendukung talenta lokal Indonesia. Tidak hanya dengan memberikan sebuah platform untuk mempublikasikan konten mereka secara berkala, tapi kami juga menjamin kompensasi yang kompetitif untuk mendukung karir mereka, dan mengekspos mereka untuk menjangkau audiens internasional,” tambah Kim JunKoo.

Park Taejun, kreator LOOKISM (webtoon nomor satu di Korea) menyatakan Line Webtoon memainkan peran penting dalam bagaimana remaja dan millenial Korea membaca komik saat ini. LOOKISM menceritakan tentang kisah seorang pelajar SMA bernama Park Hyung Suk, yang di bully oleh teman sekolahnya karena kondisi fisiknya yang tidak menarik. Saat ini, webtoon LOOKISM menempati urusan nomor satu di Korea.

“Saya percaya Line Webtoon telah menjadi bagian dari global pop culture saat ini. Saya sangat gembira dan senang dapat bertemu dengan penggemar saya pada acara Popcon Asia 2016 ini di Indonesia dan saya sangat bangga bahwa karya saya dapat dinikmati oleh pembaca mancanegara,” kata Park TaeJun.

Archie the RedCat adalah kreator dari EGGNOID, webtoon nomor satu di Indonesia. Karirnya sebagai webtoonist dimulai saat dia memenangkan juara dua di Webtoon Challenge pada tahun 2015. Webtoon-nya menceritakan kisah tentang gadis bernama Kirana yang suatu hari mendapatkan sebuah telur raksasa.

“Saya sangat bangga dapat berada disini dan saya berharap industri komik di Indonesia dapat berkembang lebih besar lagi. Bagi saya, Line Webtoon Indonesia telah mendukung penuh talenta lokal dan saya harap hal ini dapat senantiasa mengembangkan industri komik di Indonesia, karena talenta Indonesia memiliki banyak potensi,” kata Archie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement