Ahad 14 Aug 2016 02:16 WIB

LINE Siap Kenalkan Komikus Indonesia Pada Dunia

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berswafoto dengan Brown, karakter dalam aplikasi pesan LINE.
Foto: EPA
Wanita berswafoto dengan Brown, karakter dalam aplikasi pesan LINE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform komik digital LINE Webtoon tak hanya memperkenalkan berbagai komik menarik dari luar negeri, khususnya Korea Selatan, kepada para pembaca di Indonesia. Sebaliknya, LINE Webtoon justru membuka kesempatan yang luas bagi komikus lokal untuk lebih berkembang dalam industri komik di Indonesia, bahkan dunia.

Pendiri LINE Webtoon Kim Jun Koo melihat komikus-komikus asal Indonesia memiliki bakat yang besar dan juga karya yang menarik. Karya-karya dari para komikus lokal bahkan sudah mulai menghiasi LINE Webtoon sebagai komik atau webtoon resmi. Dari 88 judul webtoon resmi di Indonesia, 36 di antaranya merupakan karya dari webtoonist lokal.

"(Contohnya) Eggnoid, Soekirman, Super Santai, The Normies, dan Si Juki yang merupakan karya dari lima kartunis yang sangat berbakat," ungkap Kim saat ditemui dalam POPCON Asia di Jakarta Convention Center.

Melihat bakat besar yang dimiliki para komikus-komikus lokal, Kim merasa perlu agar karya para komikus lokal dari Indonesia juga dikenal dalam skala global. Oleh karena itu, LINE Webtoon juga memberikan kesempatan bagi para komikus lokal agar karya mereka dibaca oleh pengguna LINE Webtoon di berbagai negara. Salah satu webtoon karya anak bangsa yang kini sudah mulai melanglang buana melalui LINE Webtoon ialah Eggnoid karya Archie The Red Cat yang telah diterbitkan sebagai webtoon resmi dalam LINE Webtoon Thailand.

"Saya berharap webtoonist Indonesia bisa jadi webtoonist yang dikenal seluruh dunia ke depannya," harap Kim.

Kim pun mendorong calon komikus dan komikus amatir lokal untuk berani menunjukkan karya mereka melalui Webtoon Challenge yang disediakan oleh LINE Webtoon Indonesia. Keuntungannya, lanjut Kim, komik yang mendapat apresiasi baik dari para pembaca dapat memiliki kesempatan untuk menjadi webtoon resmi. Di samping itu, komikus lokal yang aktif berkarya melalui Webtoon Challenge juga berkesempatan mendapatkan hadah menarik melalui Rising Star.

"Bagi saya, LINE Webtoon membuka banyak peluang bagi komikus untuk lebih dikenal karyanya. Hanya dengan menggunakan ponsel, orang-orang bisa membaca karya komikus lokal di mana pun, kapan pun," ujar Archie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement