Jumat 12 Aug 2016 12:55 WIB

Tips Mencari Bank yang Tepat untuk KPR

Pameran properti dengan skema pembelian KPR.
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Rumah KPR

Suku Bunga, Biaya Bulanan dan Tenor

Terdapat beberapa macam bunga bank yang ditawarkan dalam pengajuan KPR, diantaranya adalah bunga tetap dan juga bunga berjalan. Sebisa mungkin carilah bank yang memberikan bunga tetap agar Anda bisa lebih ringan dalam membayar cicilan. Selain itu perhatikan juga biaya tenor dan lain-lain.

Kemudahan

Lihat juga kemudahan yang diberikan dalam pengajuan KPR, apakah berbelit-belit dan lama, ataukah mudah dan cepat dalam prosesnya. Selain itu cari juga bank yang memberikan kemudahan berupa negosiasi dalam mencicil pembayaran kredit KPR.

Pahami Syaratnya, Perhatikan Reputasi Developer

Dua hal yang penting diperhatikan dalam membeli rumah dengan KPR adalah melengkapi syarat dan mencari tahu reputasi developer. Jika Anda membeli rumah di perumahan, kebanyakan developer rumah tersebut sudah melakukan kerjasama dengan beberapa bank untuk memudahkan pembeli dalam bertransaksi. Dengan demikian Anda tinggal mencari bank yang cocok dengan melakukan kiat-kiat di atas. Riset yang mendalam amat sangat penting dalam membeli rumah terutama jika kita berencana untuk menjadikan rumah tersebut sebagai tempat tinggal dan bukan sekedar investasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement