Jumat 12 Aug 2016 12:55 WIB

Tips Mencari Bank yang Tepat untuk KPR

Pameran properti dengan skema pembelian KPR.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pameran properti dengan skema pembelian KPR.

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah merupakan kebutuhan primer yang paling mendasar. Hampir 90 persen orang membeli rumah dengan cara kredit. Hanya sebagian kecil saja yang bisa tunai, biasanya mereka yang mampu membeli properti secara tunai hanyalah pengusaha dengan cash flow yang besar untuk tujuan investasi. Di luar itu, hampir semuanya melalui produk KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

KPR merupakan produk bank yang bertujuan memberikan fasilitas pembiayaan pembelian rumah dengan cara mengangsur, mulai dari masa angsuran 5 tahun, 10, 15 dan bahkan sampai dengan 20 tahun. Nasabah hanya cukup menyediakan uang muka/ DP (Down Payment) untuk membeli rumah idaman, sisanya bisa dilakukan dengan mengangsur ke bank tersebut.

Membeli rumah dengan cara seperti itu memiliki keuntungan yaitu kita tidak harus menyediakan uang secara tunai. Yang diperlukan atau harus kita siapkan hanyalah uang muka saja yang nilainya disepakati bersama antara pembeli dan developer rumah. Jumlahnyapun juga relatif kecil.

\Apalagi sekarang ini Bank Indonesia atau BI telah memberikan keringanan bagi masyarakat yang ingin membeli rumah dengan memberikan nilai uang muka KPR cukup dengan 20 persen saja dimana sebelumnya kita harus membayar uang muka sebesar 30 persen dari harga jual rumah.

Kiat Memilih Bank yang Tepat untuk KPR

Langkah berikut ini adalah kiat-kiat dalam memilih bank yang paling tepat untuk mengajukan KPR. Dengan memilih bank yang tepat, tentunya pengajuan dan masalah kredit akan jauh lebih mudah dan aman.

Cari Referensi

Anda bisa bertanya kepada teman atau keluarga yang memiliki pengalaman dalam pengajuan KPR. Anda juga bisa melihat ulasan mengenai KPR di bank-bank tertentu di internet. Pengalaman dari mereka tentunya akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam mempersiapkan segala hal.

Riset Antar Bank

Hal selanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah melakukan riset yang mendalam akan penawaran KPR dari berbagai bank yang ada. Anda bisa mengecek melalui situs dari masing-masing bank untuk membandingkan penawaran KPR yang mereka berikan. Sebaiknya tanyakan hal-hal yang dirasa perlu kebagian customer services.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement