Kamis 11 Aug 2016 11:58 WIB

Cara Aman dan Mudah Belanja Barang di Ebay

Belanja daring di Ebay
Foto: EPA
Belanja daring di Ebay

REPUBLIKA.CO.ID, Situs daring yang terdapat di Indonesia tentu saja tidak akan menjual berbagai barang buatan luar negeri, meskipun ada, itu hanya beberapa merek dan terhitung hanya sebagian kecil. Lalu, bagaimana jika Anda menginginkan barang yang tidak tersedia di Indonesia, baik itu di toko konvensional ataupun di toko daring?

Berbicara mengenai belanja daring, maka Anda akan dihadapkan pada sebuah proses pembuatan akun dan juga berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh daring tersebut. Hal serupa juga akan Anda temukan ketika berniat untuk belanja di Ebay. Simak beberapa poin di bawah ini untuk bisa menemukan berbagai barang dan melakukan transaksi belanja daring di Ebay.

Membuat akun Ebay

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa mulai bertransaksi di Ebay adalah membuat sebuah akun pribadi. Cari halaman atau website Ebay, lalu klik tombol pendaftaran yang terdapat di bagian atas. Isi semua data dengan benar dan jangan lupa untuk membuat sebuah password yang cukup rumit untuk melindungi akun terhadap tindakan pembobolan. Namun Anda juga harus memiliki kemampuan dalam mengingat password tersebut dengan baik, jangan sampai password yang rumit justru membuat anda kesulitan untuk mengingatnya.

Siapkan sarana pembayaran

Ebay bukan situs belanja lokal, di mana Anda bisa membayar belanjaan dengan cara transfer lewat ATM atau bahkan bayar di tempat (COD) ketika barang tiba di rumah. Untuk bisa melakukan transaksi belanja di Ebay, maka wajib memiliki sebuah kartu kredit atau memilih salah satu rekening virtual luar negeri, seperi Pay Pal, Moneybookers dan yang lainnya.

Sebagai saran saja, sebaiknya Anda tidak menggunakan kartu kredit anda ketika belanja daring, sebab sangat riskan terhadap keamanan berbagai data diri Anda yang terdapat di dalamnya. Menggunakan akun Pay Pal akan jauh lebih aman, terutama jika melakukan transaksi belanja ke luar negeri.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement