Selasa 09 Aug 2016 20:39 WIB

Segarnya Udara dan Pemandangan di Kampung Domba

Kampung Domba Cinyurup
Foto: Sumber Twitter/ Explore Pandeglang @Explore_PDG via 105.6 Parant
Kampung Domba Cinyurup

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Kabupaten Pandeglang, Banten punya lokasi wisata alam yang tidak kalah indah dengan kawasan wisata di Puncak, Bogor. Namanya Kampung Domba. Terletak di Desa Cinyurup, kelurahan Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, kawasan ini menawarkan panorama indah dengan suasana sejuk dan asri.

Kampung Domba Terpadu berada di kawasan hutan lindung lereng Gunung Karang dengan ketinggian 250-700 meter di atas permukaan laut. Sesuai namanya, di lokasi ini terdapat sebuah desa yang mayoritas penduduknya berternak domba.

Namun bukan hanya ternak, kampung ini juga dikenal dengan produksi sayuran organik, dan tanaman perkebunannya. Sebut saja caisin, wortel, tomat, dan hasil perkebunan berupa jagung, kacang tanah, buncis, ubi jalar, serta ubi kayu yang dapat dengan mudah Anda temukan di wilayah ini.

Wilayah ini juga disebut sebagai kawasan terintegrasi antara ternak dan pangan. Pasalnya, di sini pupuk kandang digunakan juga untuk memupuk tanaman sayuran, tanaman pangan dan beneng, serta sebaliknya limbah sayuran, dan tanaman pangan dapat digunakan sebagai pakan domba.

"Di lokasi itu, juga tersedia homestay untuk wisatawan yang ingin menikmati udara segar ala pegunungan dan pemandangan indah yang dapat 'memanjakan' mata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman AA Ayu Laksmidewi.

Untuk mengunjungi lokasi ini tidaklah sulit. Terdapat fasilitas jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat menuju lokasi tersebut. Jaraknya hanya sekitar 20 menit dari pusat kota Kabupaten Pandeglang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement