Selasa 09 Aug 2016 14:02 WIB

5 Hal Penting yang Bisa Dipelajari Anak dari Pramuka

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Pramuka
Foto: ISTIMEWA
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang menawarkan banyak pengalaman seru bagi para siswa dari berbagai tingkat pendidikan. Tak hanya sekadar memberi pengalaman seru, ada banyak nilai-nilai kehidupan yang juga dapat dipelajari dari Pramuka dan bermanfaat bagi pembentukkan karakter anak.

Aktris Olivia Zalianty merupakan salah satu anggota Gerakan Pramuka Indonesia yang telah merasakan banyak manfaat dari kegiatan Pramuka. Berdasarkan pengalaman dan kisah olivia sebagai anggota Pramuka, ada banyak nilai-nilai penting yang diberikan Pramuka sebagai 'bekal' dalam menjalani hidup ke depannya.

Di antara banyaknya nilai tersebut, Republika.co.idmerangkum setidaknya ada lima nilai besar yang bermanfaat bagi pembentukan kepribadian anak.

Keberanian dan kemandirian

Salah satu kegiatan Pramuka yang cukup sering dilakukan ialah berkemah di alam terbuka. Saat berkemah, anak-anak akan dilatih untuk bisa melakukan segala sesuatunya tanpa bergantung pada orang lain.

Selain itu, tak jarang pula kegiatan seperti jurit malam dilakukan saat hari sudah larut. Dalam situasi tersebut, anak-anak akan belajar untuk lebih berani lagi dalam melawan rasa takut demi mencapai sebuah tujuan.

Peduli lingkungan

Kegiatan Pramuka tidak akan pernah lepas dari alam. Berada dekat dengan alam dan berinteraksi langsung dengan lingkungan akan semakin menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian anak pada lingkungan. Terlebih, beberapa kegiatan Pramuka seperti Time Please yang diselenggarakan bersama The Walt Disney Indonesia secara langsung mendorong anak-anak Pramuka untuk memberi kontribusi pada lingkungan di sekitar mereka.

Gotong Royong

Dalam menjalani kegiatan Pramuka, anak-anak akan didorong untuk melakukan kegiatan secara gotong royong. Ketika membangun tenda atau merakit tandu saat berkemah misalnya, anak-anak akan didorong untuk belajar membangun team work yang baik serta bergotong-royong dalam membantu satu sama lain demi tujuan bersama.

Bhinneka Tunggal Ika

Saat melakukan kegiatan Pramuka, anak-anak akan bertemu dan berinteraksi dengan anak-anak lainnya yang memiliki latar belakang hingga warna kulit yang berbeda. Ketika mengikuti Jambore Nasional misalnya, seluruh anggota Pramuka dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia akan berkumpul di satu tempat dan melakukan kegiatan bersama-sama. Dalam kesempatan ini, anak-anak akan menyadari bahwa keberagaman bukan penghalang untuk bersatu padu dalam menciptakan harmoni.

Cinta budaya

Ketika berkumpul dalam Jambore Nasional, tiap-tiap anak dari seluruh wilayah Indonesia datang dengan karakteristik kedaerahan masing-masing. Anak-anak akan menyadari bahwa karakteristik kedaerahan mereka merupakan bagian dari identitas diri yang patut dipertahankan dan dijaga.

"Pelihara karakter Anda dari daerah masing-masing. Jangan pernah diubah karena itu adalah kekuatan," pesan Olivia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement