Kamis 04 Aug 2016 08:38 WIB

Mengintip Bandara Tersibuk Dunia

Penumpang terlihat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto: reuters
Penumpang terlihat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Bandara internasional tersibuk di dunia sempat ditutup selama beberapa jam, Rabu (3/8). Hal itu diakibatkan tergelincirnya penerbangan Emirates dan menyebabkan kebakaran pesawat.

Bandara internasional Dubai kini dikenal sebagai bandara tersibuk setelah menyalip London Heathrow tahun lalu. Bandara Dubai menjelma menjadi bandara terbesar di dunia untuk lalu lintas penumpang internasional.

Lebih dari 78 juta penumpang atau sekitar 214 ribu orang per hari datang melalui bandara Dubai pada 2015. Angka ini naik 66 persen sejak 2010.

Menurut perkiraan perusahaan induk bandara seperti diberitakan laman CNN, Kamis (4/8), angka tersebut bahkan bisa mencapai 85 juta tahun ini. Dubai juga menangani 90 juta penumpang per tahun, setelah membuka lapangan besar Februari lalu.

Bandara utama London melayani 75 juta penumpang tahun lalu, tiga juta lebih sedikit dari Dubai dan beroperasi pada kapasitas penuh. Atlanta dan Beijing menangani lebih banyak penumpang dari Heathrow atau Dubai, tetapi kebanyakan penerbangan dalam negeri.

Dubai yang memiliki tiga terminal melayani sekitar 100 maskapai ke lebih dari 240 tujuan. Terminal C didedikasikan khusus untuk Emirates.

Emirates terpilih menjadi maskapai terbaik di dunia dalam survei jutaan penumpang awal tahun ini, mengalahkan saingannya dari Qatar yang berada di posisi kedua.

Bersama-sama dengan Etihad, mereka membuat sekelompok operator milik negara yang dikenal sebagai Tiga Teluk yang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, mengubah kawasan tersebut menjadi pemimpin dunia dalam penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement