Senin 01 Aug 2016 16:04 WIB

Sambut HUT RI, Banyumas Siapkan Festival Kentongan

Festival Kentongan (ilustrasi)
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Festival Kentongan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan festival kentongan untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Festival kentongan ini rencananya akan digelar di tiga lokasi pada tanggal 10, 11, dan 13 Agustus 2016. Hal ini dimaksudkan untuk pemerataan hiburan masyarakat Banyumas yang selama ini terpusat di Purwokerto," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas Agus Nur Hadie di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Dalam hal ini, kata dia, festival kentongan pada tanggal 10 Agustus akan digelar di Kecamatan Banyumas yang dimulai dari depan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyumas menuju Alun-alun Banyumas dan diakhiri dengan penyalaan kembang api.

Sementara pada 11 Agustus di Kecamatan Jatilawang yang dimulai dari Pendopo Kecamatan Jatilawang menuju Stadion Diponegoro dan diakhiri dengan penyalaan kembang api.

"Kegiatan serupa juga akan digelar di kota Purwokerto pada tanggal 13 Agustus yang dimulai dari Pasar Wage menuju Alun-alun Purwokerto. Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan penyalaan kembang api," katanya.

Selain festival kentongan, kata dia, Pemkab Banyumas juga menggelar Festival Karawitan Gending Banyumasan Bupati Cup Tingkat SMP/SMA/SMK yang digelar pada tanggal 6-7 Agustus di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, lomba egrang dan terompah antarkecamatan pada tanggal 11 Agustus serta lomba gobag sodor atau hadang "nyungging" tampah, memasukan pensil ke botol, dan sepak bola menggunakan sarung pada tanggal 12 Agustus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement