Ahad 24 Jul 2016 05:50 WIB

Tips Menghemat Biaya Khitanan Anak

Seorang anak menutup matanya saat hendak disunat.
Foto: Republika/Darmawan
Seorang anak menutup matanya saat hendak disunat.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai umat Islam, khitanan pada anak laki-laki memang diwajibkan selain itu khitanan ini juga sebagai dasar kesehatan alat reproduksi sang anak saat dewasa nanti. Di Indonesia, Khitanan menjadi tradisi yang harus dirayakan atau biasa disebut syukuran khitanan. Berbagai daerah di Indonesia merayakannya dengan cara yang berbeda. Salah satu tradisi yang cukup populer adalah Sisingaan, di mana sang anak laki-laki yang telah dikhitan akan dihibur dengan menunggangi Singa yang terbuat dari bahan kertas. 

Menjalankan tradisi seperti ini tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Sebagian orang tua malah ada yang memang ingin merayakannya secara besar-besaran dengan mengundang saudara dan tetangga semua. Namun, bagi Anda yang ingin merayakan syukuran khitanan ini tapi terkendala masalah biayanya, tidak perlu khawatir. Acara syukuran seperti ini masih bisa Anda lakukan jika menjalankan beberapa tips berikut ini.

Menyiapkan Tabungan

Setelah menikah dan punya anak, sebagai orang tua baiknya kita mulai memikirkan biaya yang dibutuhkan untuk anak kita. setelah tumbuh besar, biaya yang harus dipersiapkan adalah biaya pendidikannya. Selain itu, jika memang memiliki anak laki-laki dan suatu saat ingin menghadiahinya dengan pesta ulang tahun dan termasuk acara syukuran khitanan ini, siapkan anggarannya dari saat ini juga, selagi usia sang anak masih belum terlalu besar. Dengan mempersiapkan dana untuk acara khiatanan tersebut, anda sebagai orang tuanya tidak perlu berhutang atau meminjam uang kepada orang lain untuk syukuran tersebut.  

Kurangi Jumlah Tamu

Acara syukuran khitanan anak, biasanya memang tidak memerlukan undangan yang terlalu banyak, seperti acara pernikahan. Anda bisa kondisikan tamu undangan yang hanya datang dari keluarga dekat saja, lalu beberapa teman dan tetangga yang dekat. Dengan begitu, kita bisa lebih berhemat dalam hal pembelian snack atau makanan untuk tamu.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement