Jumat 22 Jul 2016 23:16 WIB

Pantai Sawarna Mampu Pikat Peselancar Mancanegara

Pantai Sawarna
Foto: Google
Pantai Sawarna

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK, BANTEN -- Potensi Pantai Sawarna di Kecamatan Bayah, Banten diyakini tidak hanya memikat banyak wisatawan lokal saja. Pantai yang lokasinya berada di Perairan Samudera Hindia ini juga mampu menarik turis-turis mancanegara karena daya tarik yang dimilikinya.

Selain panorama alam yang indah, karakter gelombang di pantai ini cukup tinggi. Karena itu, objek wisata Pantai Sawarna juga sangat cocok dikembangkan sebagai wisata selancar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Lebak Syahida di Lebak, Jumat (22/7). Ia mengatakan, berdasarkan kelebihan itulah pemerintah daerah terus mengembangkan Pantai Sawarna agar menjadikan objek wisata yang bisa menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selama ini, Pantai Sawarna cukup dikenal dan memikat para wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan, wisatawan asing suka bermain selancar karena gelombangnya cukup tinggi disertai angin kencang.

Kawasan Pantai Sawarna yang kerap menjadi tempat berselancar antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pulo Manuk.

Selain itu juga terdapat objek wisata goa, seperti Goa Lalay dan Goa Langir. "Kami mendorong wisata Pantai Sawarna bisa mendunia, sehingga dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD)," ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini pengunjung domestik Pantai Sawarna mencapai 10.978 wisatawan dan 150 wisatawan asing.

Karena itu, ia mengharapkan Pemprov Banten melakukan perbaikan infrastruktur di kawasan Pantai Sawarna, sehingga memudahkan para wisatawan mendatangi pantai itu.

Selama ini, kondisi infrastruktur di daerah itu belum maksimal sehingga minat wisatawan ke pantai tersebut relatif kecil. "Kami yakin jika sarana infrastruktur membaik dipastikan setiap pekan Pantai Sawarna akan dipadati," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Camat Bayah Endang mengatakan pihaknya mendukung pengembangan obyek wisata Pantai Sawarna sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan dapat mempekerjakan warga lokal. "Kami senang jika investor asing menanamkan modalnya di bidang pariwisata pantai," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement