Rabu 20 Jul 2016 15:12 WIB

Menetapkan Target Finansial di Usia 30 Tahunan

Mengelola keuangan
Foto: pixabay
Mengelola keuangan

Mendaftar Asuransi

Jangan lupa untuk mulai mengikuti beberapa program Asuransi terbaik yang ada. Jika anda seorang karyawan, biasanya ada asuransi khusus yang wajib diikuti seperti asuransi kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan. Jika selain kedua asuransi tersebut, Anda masih ingin mendaftar asuransi lain, itu tidak masalah selama sanggup mengikuti ketentuan Asuransi terkait.

Memikirkan Masa Pensiun

Masa pensiun memang masih lama, untuk Anda yang baru saja meniti karier. Namun, tidak ada salahnya, saat menjelang usia 30 tahun, mulailah untuk mempersiapkan masa pensiun tersebut. beberapa bank biasanya ada yang menawarkan produk tabungan pensiun tertentu baik untuk karyawan maupun untuk para pengusaha yang biasanya tidak ada masa pensiun. Sisihkan uang Anda untuk mempersiapkan masa pensiun, agar kelak uang yang terkumpul bisa digunakan untuk jaminan masa depan yang lebih baik.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat juga harus mulai dipersiapkan, sebagai antisipasi akan kejadian yang sewaktu-waktu bisa menimpa kita dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Mungkin seperti Asuransi yang kita atur sendiri. sisihkan sebagian uang, paling tidak 10 persen setiap bulannya untuk dialokasikan pada dana darurat.

Jika ingin lebih baik lagi, siapkan dana darurat dengan menghitung pengeluaran perbulan, dikalikan dengan dana yang ingin dikumpulkan. Misalnya pengeluaran perbulan Rp 500 ribu, dana darurat yang diperlukan untuk 5 tahun ke depan, maka dana yang harus dikumpulkan adalah (Rp 500 ribu x 5 = Rp 2,5 juta) setiap bulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement