Rabu 20 Jul 2016 15:12 WIB

Menetapkan Target Finansial di Usia 30 Tahunan

Mengelola keuangan
Foto: pixabay
Mengelola keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam  mengatur keuangan  ternyata kita harus memperhatikan faktor usia. Saat usia di angka 20-an, ketika pertama kali meniti karier, kita harus sudah sadar benar bahwa uang gaji yang kita miliki bukanlah sesuatu yang harus selalu dihabiskan untuk memenuhi keinginan saja. Uang gaji juga harus bersisa untuk ditabungkan setiap bulannya. Kegiatan ini rupanya harus lebih sering dilakukan di saat mencapai usia 30-an.

Di usia 30-an seseorang sudah memasuki tahap pendewasaan dan matang, dalam artian ia juga harus sudah pintar mengelola keuangannya, paling tidak untuk dia dan keluarga besarnya. Di usia ini, kebutuhan akan lebih banyak, terlebih jika sudah memiliki anak. Biaya pendidikan, biaya kesehatan sang anak perlu dipikirkan dan mulai disiapkan. Maka dari itu, anda harus memiliki target finansial, untuk terpenuhinya semua kebutuhan di usia 30-an ini.

Bagaimana cara untuk membuat target khusus berkaitan dengan keadaan finansial anda, berikut ulasannya:

Membuat Pola Keuangan Lebih Teratur

Pada usia tersebut, usahakan pola keuangan anda sudah mulai stabil. Hindari pemborosan yang sebenarnya tidak terlalu penting, seperti sering makan di kafe yang mahal, sering  belanja hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Jika masih membiasakan gaya hidup seperti ini, keadaan keuangan akan kurang maksimal. Menjelang usia 30an , akan banyak kebutuhan dan pengeluaran yang harus kita penuhi, sebaiknya lebih banyak menabung dan menjalankan gaya hidup normal saja, karena di usia ini sebenarnya kita akan memerlukan uang dalam jumlah banyak dibandingkan sebelumnya.

Lebih Terbuka dengan Keluarga

Baik status Anda masih single atau sudah berkeluarga, bersikap lebih terbuka mengenai keadaan keuangan terhadap keluarga atau pasangan adalah salah satu hal yang bisa dilakukan saat menginjak usia 30 tahun. Biasanya keuangan kita berkaitan dengan mereka, misalnya anda yang masih single, beritahukan mengenai pendapatan perbulan yang diterima kepada keluarga, sehingga mereka lebih memahami keadaan keuangan Anda. Begitu juga dengan pasangan. Setelah mereka tahu, mereka tidak akan banyak menuntut ini dan itu .

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement