Senin 18 Jul 2016 07:58 WIB

Tips Dampingi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) duduk diantara alat kesenian musik tradisi saat bersiap mengikuti pelajaran seni musik di sekolah luar biasa (SLB) Bina Kasih, Ciwastra, Kota Bandung, Rabu (12/8).  (foto : Septianjar Muharam)
Siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) duduk diantara alat kesenian musik tradisi saat bersiap mengikuti pelajaran seni musik di sekolah luar biasa (SLB) Bina Kasih, Ciwastra, Kota Bandung, Rabu (12/8). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, Hari pertama masuk sekolah bukan hanya disambut orang tua dengan anak yang tumbuh tanpa hambatan. Bagi orang tua anak berkubutuhan khusus (ABK) hari pertama sekolah tak kalah mendebarkan.

Masa sekolah merupakan masa di mana anak berkebutuhan khusus mendapat kesempatan untuk menjalani proses belajar dengan mandiri. Oleh karena itu, orang tua perlu mengambil langkah yang tepat dalam mendampingi proses pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Agar tujuan pendidikan tercapai dengan maksimal, orang tua perlu bergerak 'seirama' dengan sekolah. Agar dapat menciptakan keharmonisan tersebut, berikut ini ialah tiga tips bagi orang tua dalam mendampingi proses pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Memberi Kepercayaan pada Anak

Psikolog anak dari RaQQI Consulting Ratih Zulhaqqi, M.Psi mengatakan biasanya sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus memiliki peraturan yang lebih ketat agar orang tua tidak menemani di sekolah. Alasannya, sekolah sudah memiliki sistem tersendiri bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Ketika orang tua bersikukuh untuk menemani, sikap tersebut justru dapat bertolak-belakang dengan program yang diterapkan ke sekolah.

"Di sekolah yang menerima ABK, dari awal orang tua pasti diinfokan bagaimana caranya orang tua melepas anak ke sekolah," terang Ratih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement