Jumat 15 Jul 2016 08:05 WIB

Pemkab Bulukumba Siap Bangun Bira Cottage di Atas Lahan 29 Hektar

Hakuna Matata Resort, salah satu resort yang dibangun di bibir Pantai Bira
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Hakuna Matata Resort, salah satu resort yang dibangun di bibir Pantai Bira

REPUBLIKA.CO.ID, BULUKUMBA -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus melakukan pembenahan di kawasan wisata Tanjung Bira. Saat ini, Pembak Bulukumba telah menyiapkan lahan seluas 29 hektar untuk membangun sebuah kawasan wisata terpadu di kawasan ini.

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali mengatakan untuk mengembangkan kawasan Bira, saat ini desain pembangunan Bira Cottage sedang dibangun. Menurut Sukri, Bira Cottage akan dibuat semacam perkampungan Bira yang melibatkan masyarakat sekitar. Tanah dan bangunan serta beberapa hotel akan difasilitasi oleh Pemda. "Kita udah siapkan tanah 29 hektara di sekitar sini," ujar Sukri kepada Republika.co.id belum lama ini.

Sukri berharap objek wisata ini akan terus menjadi primadona di Sulawesi Selatan. "Kita harapkan pemerintah pusat khususunya Kementerian Pariwisata bisa membantu. Karena pengembangan ini nantinya untuk menjaring devisa dan tambahan PAD bagi masyarakat dan dan pemerintah daerah," katanya.

Saat ini, sejumlah resort dan penginapan sudah berdiri di kawasan Pantai Bira. Sukri mengakui keberadaaan resort tersebut sangat membantu pengembangan Bira ke depan. Namun dia juga mengatakan resort yang dibangun oleh swasta diharapkan bisa mematuhi aturan tata ruang yang sudah dibikin oleh Pemda. Karena hal itu juga akan berpengaruh pada fasilitas umum laun seperti sarana lalu lintas di dalam, keamanan juga kebersihan.

Menurutnya, khusus untuk kebersihan, mulai tahun depan, Pemkab Bulukumba akan menyerahkan tanggungjawab pengelolaan kebersihan di kawasan Tanjung Bira pada kelompkok masyarakat di kawasan Bira. "Selama ini dikelola oleh pemda. Harapan kami Bira nanti akan lebih bersih karena masyarakat akan terlibat langsung. Kita akan fasilitasi sarana dan prasarana seperti alat-alat kebersihan," ujarnya.

(Baca Juga: Rehat Cantik di Pantai Bira Nan Eksotis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement