Kamis 14 Jul 2016 23:02 WIB

Festival Baruklinting Kampanyekan Pelestarian Danau Rawa Pening

Gerakan Save Rawapening melibatkan relawan lintas komunitas dan profesi, termasuk para buruh.
Foto: Bowo S Pribadi/Republika
Gerakan Save Rawapening melibatkan relawan lintas komunitas dan profesi, termasuk para buruh.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBARAWA -- Festival Baruklinting digelar Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, di kawasan Objek Wisata Bukit Cinta untuk mengampanyekan pelestarian Danau Rawa Pening.

"Kami ingin kecintaan masyarakat terhadap danau yang masuk kawasan konservasi ini meningkat," kata Bupati Semarang Mundjirin saat membuka Festival Baruklinting di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis.

Baruklinting merupakan nama yang melekat sebagai legenda asal mula Danau Rawa Pening yang berkembang secara turun temurun di wilayah sekitar.

Berbagai kegiatan digelar, seperti lomba perahu hias, lomba kesenian tradisional, hingga lomba tangkap bebek sampai Ahad (17/7) mendatang, termasuk pameran potensi ekonomi wilayah setempat.

Lomba perahu hias diikuti setidaknya 27 peserta, sementara untuk lomba kesenian tradisional diramaikan 19 kelompok kesenian yang mewakili setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

Sementara untuk pameran ekonomi kreatif dan kepariwisataan diikuti tidak hanya dari kalangan UKM di Kabupaten Semarang, melainkan peserta dari sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Dengan banyaknya kegiatan semacam itu yang meramaikan Festival Baruklinting diharapkan dapat menjadi magnet untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun luar daerah untuk berdatangan.

"Melalui Festival Baruklinting yang digelar di tepi Danau Rawa Pening ini, kami sisipkan kampanye untuk pelestarian danau seluas 2.670 hektare ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement