Kamis 14 Jul 2016 12:31 WIB

Membuat Lemonade dengan Oven? Ternyata Fantastis

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Minuman lemonade
Foto: Thekitchn
Minuman lemonade

REPUBLIKA.CO.ID, Oven bukan perkakas dapur yang biasa digunakan untuk membuat minuman lemonade yang segar. Akan tetapi, siapa sangka penggunaan oven dalam membuat lemonade akan membuat cita rasa lemonade semakin lezat dan menonjol.

Penggunaan oven dalam membuat lemonade pun cukup mudah. Sebelum memproses buah lemon, panaskan oven terlebih dahulu dalam suhu 200 derajat Celsius. Setelahnya, belah lemon tepat di tengah menjadi dua bagian dan letakkan kedua belah lemon di atas baking sheet dalam posisi menghadap ke bawah.

Panggang lemon di dalam oven selama 20 hingga 30 menit tergantung besarnya buah lemon yang digunakan. Setelah bagian bawah lemon menjadi kecoklatan dan sedikit terpanggang di pinggirannya, keluarkan lemon dari oven dan biarkan lemon mendingin. Lemon yang telah mendingin dapat diperas dan diproses menjadi minuman lemonade yang segar.

Proses pemanggangan lemon ini dapat membuat cita rasa lemonade menjadi lebih kaya. Pasalnya, proses pemanggangan dalam oven dapat menurunkan tingkat keasaman yang ada dalam buah lemon. Di samping itu, proses pemanggangan dalam oven ini juga mendorong gula alami di terkandung dalam buah lemon mejadi lebih 'keluar' dan menonjol. Ssehingga rasa pahit yang biasanya dimiliki lemon dapat ditekan.

Cita rasa lemonade pun akan semakin kaya dengan aroma yang lebih menggugah selera. Lemon yang dipanggang dalam oven memberikan sentuhan aroma asap yang unik sehingga minuman lemonade menjadi lebih menyegarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement