Rabu 13 Jul 2016 09:14 WIB

Napak Tilas Bagindo Azischan Siap Digelar

Napak Tilas (Ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Napak Tilas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga bersama gabungan pemuda se-Kota Padang, Sumatra Barat menggelar kegiatan napak tilas memperingati gugurnya pahlawan Bagindo Azis Chan pada 18-19 Juli 2016.

"Napak tilas ini yang ke-12 kali dilaksanakan di Padang dan akan melibatkan gabungan masyarakat kota," kata Ketua Pelaksana Mahdianur Musa di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan napak tilas ini direncanakan dibuka di Kantor Wali Kota Padang pada Senin 18 Juli 2016 tepat pukul 21.00 WIB bersamaan dengan permulaan napak tilas.

Kemudian peserta yang nantinya terdiri dari satu kelompok akan berjalan atau menapak beberapa wilayah di kota Padang, khususnya berhubungan dengan perjalanan pahlawan nasional asli Padang tersebut.

"Karena napak tilas, dilaksanakan malam hingga pagi hari, dan berakhir di Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo Ganting," ujarnya.

Tujuan dibalik kegiatan napak tilas tersebut tidak semata mengenang perjuangan Bagindo Azis Chan, namun juga memperkuat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme kebangsaan di tengah masyarakat.

Hal ini terlihat dari kriteria penilaian yang memprioritaskan atribut perjuangan, mulai dari pakaian, dandanan hingga penampilan. "Mengingat kegiatan ini seperti pawai yang menampilkan kreativitas warga dengan tema kepahlawanan," tambahnya.

Meski demikian pihaknya tetap memberikan apresiasi bagi kelompok peserta terbaik yakni pemberian hadiah dan trofi. Sejauh ini sebutnya, pihaknya telah menyiapkan sepeda motor, laptop, Televisi, PC Komputer, Kipas Angin dan sebagainya.

"Kegiatan ini puncaknya digelar di Lapangan Imam Bonjol dalam bentuk upacara," katanya.

Dalam upacara tersebut pihaknya juga akan menghadirkan sejumlah pejabat teras di Padang, Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD, Kepala Dinas, dan organisasi masyarakat dan pemuda.

Saat ini ujar dia, pihaknya masih membuka pendaftaran hingga 17 Juli 2016 di tiga lokasi yakni Kantor Dispora Padang, Karang Taruna Padang, dan kantor Komite Nasional Pemuda Indonesia Padang.

(baca: Berenang Bersama Hiu di Rumah Apung Bangsrin)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement