Selasa 12 Jul 2016 21:40 WIB

Bus Wisata Gratis untuk Obyek Wisata di Palembang

Rep: Maspril Aries/ Red: Andi Nur Aminah
Sungai Musi di Palembang, salah satu lokasi yang bisa didatangi wisatawan
Foto: Antara
Sungai Musi di Palembang, salah satu lokasi yang bisa didatangi wisatawan

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Bagi wisatawan yang berkunjung ke Palembang mulai saat ini bisa mengunjungi obyek wisata yang ada di kota ini dengan gratis. “Kita baru mengoperasikan satu unit bus pariwisata yang akan membawa wisatawan ke obyek wisata yang ada di Palembang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn, Selasa (12/7).

Menurut Irene, bus pariwisata yang berkapasitas 25 orang akan menjadi branding pariwisata Sumsel. “Bus ini akan beroperasi gratis mengantar wisatawan mengunjungi obyek wisata yang ada di Palembang. Untuk tahap awal bus pariwisata ini akan beroperasi untuk rute dari Benteng Kuto Besak atau BKB menuju Museum Balaputra Dewa yang ada jalan Srijaya di kawasan Km 5,” katanya.

Bus pariwisata milik Disbudpar Sumsel ini hanya beroperasi pada akhir pekan yaitu pada hari Sabtu dan Ahad. “Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Museum Balaputra Dewa kita siapkan bus wisata gratis yang akan berangkat dari BKB,” ujarnya.

Bagi wisatawan yang berminat memanfaatkan bus wisata gratis tersebut menurut, Irene mengatakan harus mencatat jadwal keberangkatannya. Wisatawan atau masyarakat bisa memilih jadwal keberangkatannya, yaitu pukul 10.00 WIB, lalu pukul 13.00 WIB dan pukul 15.00 WIB.

Bus tersebut bisa menampung 25 wisatawan untuk satu kali perjalanan. Bus juga akan dilengkapi dengan seorang pemandu wisata. “Wisatawan yang berminat juga bisa memesan bus wisata untuk rombongannya dengan menghubungi kantor Disbudpar di jalan Demanglebar Daun,” ujar mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel.

Bus yang akan menjadi branding pariwisata Sumsel itu, Irene mengatakan untuk tahap awal akan menjadi percontohan sebelum membuka rute lainnya. Seperti dari BKB ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), dari BKB ke Bukit Siguntang dan dari BKB ke Bait Alquran raksasa di kawasan Gandus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement